Dunia Energi Logo Kamis, 21 September 2017

Pertamina Segera Seleksi Mitra untuk Bangun Tangki Timbun

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) akan segera merealisasikan rencana pembangunan tangki timbun dengan memulai seleksi calon mitra yang akan menyediakan cadangan minyak mentah.

Rachmad Hardadi, Direktur Pengolahan Pertamina, mengungkapkan saat ini kajian mendalam sedang dilakukan untuk menjalankan strategi dan proses seleksi partner akan segera dilakukan dalam waktu dekat. “Setelah Lebaran nanti kita akan mulai seleksi partner pihak ketiga untuk menjalankan strategi ini. Jadi crude disediakan pihak ketiga melalui kerja sama jangka panjang,” kata dia.

Menurut Rachmad, tangki timbun nantinya akan dibangun di sekitar area yang sudah terdapat fasilitas tangki Pertamina seperti di Balikpapan, Balongan, Dumai, Bontang. “Masing-masing akan mempunyai tangki timbun sendiri” katanya.

Kapasitas tangki timbun  ditargetkan akan mampu meningkatkan ketahanan minyak Indonesia hingga 30 hari. “Pembangunan infrastruktur ini diperlukan waktu 1,5-2 tahun. Cadangannya saat ini kan 20 hari nanti bisa ditingkatkan jadi 30 hari” tanda Rachmad.(RI)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)