Dunia Energi Logo Minggu, 22 Oktober 2017

Pertamina Luncurkan Stasiun Pengisian Listrik Untuk Mobil

JAKARTA – Sebagai dukungan terhadap diversifikasi energi sektor transportasi, PT Pertamina (Persero) pada Minggu, 9 Desember 2012 di Jakarta, meluncurkan “Electric Vehicle Charging Station (EVCS)” atau Stasiun Pengisian Listrik untuk Kendaraan.

VP Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir menyebutkan, terobosan Pertamina ini dalam rangka mendukung pengembangan sarana transportasi mobil listrik, untuk menjadikan Indonesia yang lebih bersih.

Peluncuran stasiun pengisian listrik untuk mobil itu sendiri, merupakan rangkaian dari kegiatan “Pertamina Day” memperingati Ulang Tahun ke-55 BUMN sektor energi ini, yang jatuh pada 10 Desember 2012.

Pertamina juga telah membuat percontohan stasiun pengisian listrik untuk mobil di Kantor Pusat Pertamina, yang dapat digunakan secara free trial (uji coba). Bentuknya berupa instalasi Pilot Project EVCS.

Unit EVCS yang dipasang di area Kantor Pusat Pertamina adalah jenis Siemens SIPLUS ECC8000 Electrical Vehicle Terminal Charging, dengan kemampuan charging 4 jam full battery untuk mobil listrik jenis city car, dan dapat dipergunakan untuk jarak tempuh hingga 160 km.

“Langkah percontohan ini merupakan komitmen Pertamina dalam mewujudkan transportasi masa depan,” kata Ali Mundakir lagi.

Rangkaian kegiatan Pertamina Day sendiri, digelar di Parkir Timur Senayan, dengan mengusung tema “Pertamina Sobat Bumi Ke-55”. Beberapa elemen masyarakat juga diundang untuk hadir, guna membangun kesadaran di kalangan pemerintah, industri otomotif, produsen dan vendor EVCS, serta masyarakat umum, terkait pentingnya transportasi yang ramah lingkungan.

(CR-1 / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)