Dunia Energi Logo Minggu, 19 November 2017

Pertamina Lubricants Konsisten Terapkan SNI

JAKARTA – PT Pertamina Lubricants meraih penghargaan peringkat Gold dalam SNI Award 2015. Penghargaan tersebut diberikan atas penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) oleh PT Pertamina Lubricants sebagai wujud komitmen dalam menjaga aspek mutu, efisiensi produksi, serta kualitas produk yang dihasilkan.

Julfian Siregar, Direktur Operasi Pertamina Lubricants, menegaskan dalam memproduksi pelumas, Pertamina Lubricants menerapkan standarisasi yang dilaksanakan mulai dari merencanakan, merumuskan, menetapkan, menerapkan, memberlakukan, memelihara dan mengawasi dengan melibatkan semua pemangku kepentingan.

“PT Pertamina Lubricants akan tetap konsisten menerapkan SNI sebagai wujud keyakinan bahwa SNI merupakan salah satu faktor yang berkontribusi kuat dalam mempertahankan daya saing produk di pasar,” kata Julfian.

Penghargaan Gold untuk kategori produsen besar barang untuk Pertamina Lubricants diserahkan Menteri Perdagangan Thomas Lembong di Jakarta, Selasa (10/11).

Penghargaan ini  merupakan yang ketiga kalinya dimana PT Pertamina Lubricants mendapatkan peringkat tertinggi pada ajang yang sama di tahun-tahun sebelumnya. Dengan diraihnya penghargaan ini maka semakin memperkuat bukti bahwa Pertamina Lubricants menghasilkan produk berkualitas, memenuhi standar yang ditetapkan, dan selalu berorientasi pada kepentingan pelanggan.

Menurut Julfian, Pertamina Lubricants mengoperasikan tiga unit produksi di Jakarta, Cilacap, dan Gresik serta satu unit di Thailand dengan total kapasitas keseluruhan mencapai lebih dari 460 juta liter per tahun.

“Untuk menjaga kualitas dan ketepatan spesifikasi produk, fasilitas produksi Pertamina Lubricants didukung dengan tenaga ahli dan fasilitas laboratorium yang lengkap sehingga produk Pertamina tidak hanya diakui kualitasnya di Indonesia tetapi juga di dunia,” ungkap dia.

SNI yang ditetapkan oleh Badan Standarisasi Nasional (BSN) disusun dengan memperhatikan syarat keselamatan, keamanan, kesehatan, lingkungan hidup, perkembangan iptek maupun kesepakatan internasional sehingga bila SNI diterapkan dengan baik diharapkan dapat melindungi kesehatan masyarakat serta melancarkan transaksi perdagangan baik nasional maupun internasional.

Kriteria penilaian dalam SNI Awards 2015 meliputi kepemimpinan, perencanaan strategis, fokus pada pelanggan dan manajemen sumber daya, realisasi produk, pengukuran analisis dan evaluasi serta hasil bisnis. SNI Award merupakan bagian dari upaya Pemerintah dalam menstimulasi peningkatan penerapan SNI oleh pelaku usaha maupun organisasi lainnya. Melalui SNI Award diharapkan produsen, konsumen dan masyarakat umum semakin menghargai aspek mutu, dan memahami perlunya berpartisipasi aktif dalam pengembangan dan penggunaan SNI sebagai referensi penyediaan dan permintaan pasar.

“Kita harus bangga dan cinta produk Indonesia. Kami mengucapkan terima kasih kepada BSN dan bangsa Indonesia atas kepercayaannya terhadap pelumas Pertamina,” tandas Julfian.(AT)

 

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)