Dunia Energi Logo Jumat, 22 September 2017

Pertamina Lubricants Gandeng Dua Bank BUMN Fasilitasi Pembiayaan untuk Distributor

JAKARTA – PT Pertamina Lubricants menggandeng dua bank BUMN, PT Bank BRI Tbk (BBRI) dan PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) untuk memfasilitasi pembiayaan perbankan bagi distributor anak usaha PT Pertamina (Persero) itu.

“Solusi ini memudahkan distributor kami untuk dengan cepat, mudah dan inovatif dalam pengolahan transaksi dan cash flow ke depannya” kata Gigih WH Irianto, Direktur Utama Pertamina Lubricants di Jakarta, Senin (6/6).

Lebih lanjut Gigih menuturkan mekanisme yang diterapkan dalam kerja sama dengan kedua bank tersebut adalah dengan menerapkan distributor financing dan flow transaction distributor financing.

“Dengan cara ini distributor bisa mengalihkan tagihan ke Bank Mandiri dan BRI dengan menggunakan trust receipt atau jaminan pembayaran dengan bank garansi atas produk Pertamina Lubricant,” ungkapnya.

Sekitar 156 distributor ditargetkan bisa mendapatkan pembiayaan. Untuk tahun ini, baik Bank Mandiri dan Bank BRI memfokuskan untuk memberikan pembiayan bagi 50 distributor.

Alexandra Askandar, Senior Executive Vice President Corporate Banking Bank Mandiri, berharap dengan kerja sama ini bisa meningkatkan volume penjualan Pertamina Lubricants.

“Diharapkan masing-masing distributor bisa punya tambahan untuk modal kerja. Bank Mandiri akan memberikan Rp10 miliar per bulan untuk satu distributor pada 50 distributor awal,” kata Alexandra.

Sementara itu, Bank BRI menargetkan bisa membiayai sekitar 100 distributor pada tahun ini.

“Toko retail kan jadi basis kekuatan kami. Satu distributor bisa sampai Rp50 miliar,” kata Supari, Senior Executive Vice PresidentUKM & Consumer Bank BRI.(RI)

 

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)