Dunia Energi Logo Sabtu, 16 Desember 2017

Pertamina Bidik Pasar Pelumas Jepang

pelumas pertamina

Produk pelumas Pertamina.

TOKYO – Untuk mengembangkan produknya di pasar Jepang yang potensial, PT Pertamina (Persero) pada Sabtu, 6 Oktober 2012, berinisiatif menggelar gathering konsumen pelumas di Negeri Sakura itu.

Dalam gathering tersebut, Pertamina  mengundang Mr.Masahiro Nanomi, President Director of Toyota Motor Manufacturing Indonesia, untuk lebih mendorong produk Pertamina kepada konsumen Jepang.

Masahiro dengan antusias memberikan penjelasan atas pengalaman Toyota di Indonesia dalam menggunakan produk dan bekerja sama dengan Indonesia.

Direktur Utama Pertamina, Karen Agustiawan, mengatakan, Pertamina memiliki visi menjadi World class energy Company yang mengintegrasikan bisnis upstream dan downstream termasuk bisnis pelumas. Tentunya  bisnis pelumas kami juga harus berstandar world class,” ujar Karen.

Untuk pelumas retail di Jepang, Pertamina saat ini bekerja sama dengan Inoa Shouji sebagai exclusive country distributor. Bersama-sama dengan country distributornya, Pertamina sudah memasok 10 branch Department Store NAFCO yang berlokasi di Selatan Jepang.

Produk pelumas Pertamina telah menerima sertifikat standar internasional seperti API (America), ACEA (European Automobile Manufacture) and JASO (Japanese Automotive Standards Organization).

Produk-produk pelumas Pertamina juga mendapatkan pengkuan dari berbagai pabrikan otomotif seperti Mercedes Benz, Volvo, Toyota, Caterpillar, Komatsu, dan sebagainya. Untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya, Pertamina menjalankan kontrol yang ketat dalam proses produksi pelumas.

Dalam pidatonya di depan President Director of Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan para konsumen Jepang, Karen memperkenalkan Pertamina sebagai market leader di dalam negeri dan saat ini sedang bergerak agresif ke luar negeri.

Dengan penuh percaya diri Karen menyampaikan, pelumas Pertamina sudah dapat ditemui di dalam dan luar negeri. Di dalam negeri, kami mendominasi pasar sampai dengan 60%.

Ia menambahkan, pelumas Pertamina saat ini bisa ditemui di 22 negara, seperti Australia, UE Arab, China, Singapura, Myanmar dan Pakistan. “Berdasarkan pengalaman kami selama dua tahun terakhir, pasar Jepang sangat menjanjikan untuk produk pelumas Pertamina, ” tandasnya.

(Abdul Hamid / duniaenergi@yahoo.co.id)

 

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)