Dunia Energi Logo Sabtu, 20 Oktober 2018

Pertamina Anggarkan US$6,77 M, Bisnis Hulu Dapat Alokasi 46%

Blok WMO

Salah satu kegiatan bisnis hulu Pertamina di Blok West Madura Offshore.

JAKARTA- PT Pertamina (Persero) akan menginvestasikan dana sebesar US$6,77 miliar pada 2013 untuk merealisasikan proyek-proyek utama perusahaan yang ditujukan bagi peningkatan produksi dan perkuatan infrastruktur energi nasional. Dari jumlah itu, bisnis hulu mendapat porsi alokasi paling besar yakni 46%.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir mengungkapkan, nilai investasi tersebut termasuk dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan 2013 yang ditetapkan dalam Rapat Umum Pemegang Saham yang berlangsung di Jakarta pada Kamis, 20 Desember 2012.

Kegiatan investasi perusahaan akan difokuskan pada proyek-proyek pilar pendukung utama pertumbuhan perusahaan menuju World Class Energy Company. Bisnis hulu mendapatkan alokasi terbesar yaitu US$3,1 miliar atau 46% dari total anggaran investasi.

Adapun, proyek-proyek pengolahan dialokasikan US$638 juta dan diikuti oleh pemasaran dan niaga sebesar US$546 juta. Bisnis gas yang merupakan sumber pertumbuhan baru Pertamina mendapatkan alokasi investasi yang cukup signifikan, yaitu US$437 juta, sedangkan berbagai bisnis lainnya senilai total US$2 miliar.

(Abdul Hamid / duniaenergi@yahoo.co.id)

Baca juga  Jero Wacik: KKKS Jangan Boros!

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.