Dunia Energi Logo Minggu, 15 Juli 2018

Perketat Alokasi Keuangan, Pertamina Evaluasi Aksi Korporasi

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) akan mengambil langkah-langkah yang dapat menjamin keuangan perseroan membiayai keberlangsungan kegiatan operasional jangka panjang, termasuk kegiatan korporasi seperti ekspansi dan proyek kilang.

“Ada tiga hal yang ditekankan dalam evaluasi seluruh aksi korporasi. Pertama kualitas, time atau waktu serta kompetitif,” kata Elia Massa Manik, Direktur Utama Pertamina di Jakarta.

Menurut Elia, salah satu implementasi dalam evaluasi bisa dilihat dalam revitalisasi kilang Balikpapan yang dikebut pengerjaan Front End Engineering Design (FEED) untuk segera dilakukan procurement atau pengadaan. Serta evaluasi engineering, procurement and contruction (EPC), dan menempatkan project controller yang ditugaskan secara khusus untuk memantau kemajuan pengerjaan proyek sehingga memastikan proyek berjalan sesuai dengan rencana.

“Jadi ada jaminan dari proses dan konstruksi, langkah-langkah ini yang kita evaluasi,” ungkap dia.

Selain itu kegiatan ekspansi Pertamina juga akan dievaluasi. Pertamina yang gencar mencari sumber minyak baru dari luar negeri seperti yang sudah terealisasi yakni Irak, Aljazair, Malaysia dan beberapa negara lainnya yang menjadi bagian dari Maurel&Prom yang baru diakuisisi. Serta rencana akuisisi ladang minyak di Iran dan Rusia.

Elia mengatakan kegiatan ekspansi yang dilakukan harus bisa efektif. Artinya, minyak yang didapatkan harus sesuai dengan kebutuhan Pertamina atau sesuai dengan fasilitas pengolahan, termasuk dengan mengevaluasi bentuk skema kerja sama nantinya.

“Kita perlu secure supply, Kita mau posisi ambil barang sifatnya long term, sudah disampaikan ke stakeholder,” kata dia.

Arif Budiman, Direktur Keuangan Pertamina, mengatakan rekonfigurasi waktu pengerjaan proyek dan skema bisnis menjadi poin utama dalam evaluasi perusahaan saat ini. Ini untuk menghindari aksi yang justru ujungnya nanti memberatkan perusahaan.

“Kita review lagi unit bisnis. Kita lakukan strategi world class Pertamina tidak bisa lagi melihat dari sisi nasional atau terpaku hanya di Indonesia saja,” ungkap Arif.

Baca juga  PGN Siap Jadi Bagian Pertamina

Kebutuhan dana yang besar dibutuhkan Pertamina untuk menjalankan program reguler perusahaan serta proyek kilang dan ekspansi.

Menurut Arif, Pertamina masih memiliki kemampuan finansial yang mumpuni untuk membiayai berbagai proyek sehingga tidak diperlukan melakukan pinjaman dari luar apalagi sampai menerbitkan surat utang (global bond). “Kalau kita kebanyakan menarik, saya bayarkan bunga negatif. Jadi memang kalau proyek besar memang praktisnya kebanyakan menggunakan project financing,” tandas Arif.(RI)

Komentar

  1. Success Goodness mengatakan:

    Apakah Anda mencari pemberi pinjaman pribadi? Apakah Anda membutuhkan pinjaman segera? Apakah kamu memiliki kredit buruk? Saya dapat membantu Anda mengamankan pinjaman dengan suku bunga serendah 2%. 100% dana dengan dokumentasi minimal. Perusahaan pinjaman kami bersedia memberikan segala jenis pinjaman sesuai pilihan Anda selama Anda dapat membayar kembali. Kami tidak memerlukan formulir apapun. Suku bunga pinjaman kami fleksibel karena kami memberikan dana pinjaman kami pada tingkat suku bunga 2%. Kami adalah pemberi pinjaman pinjaman yang andal dan kami meyakinkan Anda bahwa jika Anda mengikuti prosedur langkah demi langkah kami, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda disetujui dan ditransfer kepada Anda. Mohon kembali kepada saya melalui surat kami: {lendersuccess@gmail.com} jika Anda tertarik untuk mendapatkan pinjaman sehingga saya dapat memberi Anda lebih banyak informasi mengenai persyaratan dan kondisi pinjaman kami

    Untuk mengakses kelayakan Anda, berikan saya rincian berikut ini:

    Nama lengkap:
    Alamat:
    Pendapatan bulanan :
    Jumlah pinjaman:
    Durasi Pinjaman:
    Tujuan Pinjaman :
    Umur:
    pendudukan:
    Nomor telepon:
    Scan Copy Kartu Identitas Anda dan foto Anda:
    Tanggal lahir :

    SUKSES PINJAMAN PERUSAHAAN
    (lendersuccess@gmail.com)

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: