Dunia Energi Logo Minggu, 22 Oktober 2017

Perdagangan Perdana di 2013, Saham Berbasis Energi Diborong

Wapres Budiono membuka perdagangan perdana 2013 di Bursa Efek Indonesia.

JAKARTA – Meski belum ramai, perdagangan perdana di Bursa Efek Indonesia pada Rabu, 2 Januari 2013 mampu mendorong Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) naik 29 poin. Saham emiten-emiten berbasis energi, diantaranya PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) menjadi buruan investor setelah libur panjang.

Perdagangan perdana di Tahun Baru 2013 ini dibuka dengan meriah oleh Wakil Presiden Budiono. Sejak perdagangan sesi pagi, IHSG sudah tampak menguat karena adanya aksi borong oleh sejumlah investor yang sudah aktif. Sebagian investor lagi masih memilih libur, atau wait and see.

Masih sepinya pasar, membuat investor cukup selektif. Hanya saham-saham unggulan yang menjadi pilihan, terutama saham yang berbasis komoditas utamanya di sektor energi. Diketahui saham dua emiten batubara yakni PTBA dan ITMG menjadi yang paling banyak dibeli pada perdagangan hari ini.

Seperti yang bisa terjadi, larisnya saham berbasis batubara diikuti oleh aksi borong saham emiten alat berat. Saham PT United Tractors Tbk (UNTR) diketahui juga banyak diburu investor hari ini, dan IHSG pun  menguat 29 poin hingga penutupan perdagangan sesi sore.

Diprediksi perdagangan hari kedua esok, Kamis, 3 Januari 2013, bursa kembali ramai. Namun sebagian analis memprediksi, pada awal 2013 ini IHSG bakal mengalami situasi “jenuh beli”. Para investor masih menunggu dan menikmati reli-reli kenaikan harga saham yang berlangsung di awal perdagangan.

(Abraham Lagaligo / abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)