Dunia Energi Logo Rabu, 22 November 2017

Pemerintah Targetkan Pembangunan 18 SPBG Rampung Akhir Februari 2016

JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pada akhir Februari 2016, sebanyak 18 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Gas (SPBG) yang dibangun dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2015 akan rampung.

IGN Wiratmaja Puja, Direktur Jenderal Minyak dan Gas Kementerian ESDM, mengatakan beberapa di antara 18 SPBG telah siap beroperasi, seperti SPBG di Subang, Jawa Barat. “Pada akhir Februari, seluruh SPBG akan rampung pembangunannya,” kata dia.

Menurut Wiratmaja, pembangunan SPBG tidak dapat berjalan secepat yang diharapkan karena mengalami berbagai kendala, antara lain banyaknya izin yang harus dilewati apabila infrastruktur tersebut harus melewati jalan kereta api, selokan dan sebagainya.

“Tantangannya kalau SPBG itu izin crossing jalan, kereta api, selokan. Izin selokan saja lama sekali (keluarnya). Jadi yang membuat lama itu bukan pembangunannya, tapi izin-izin di daerah,” tegas dia.

Pada 2016, pemerintah berencana akan membangun dua SPBG lainnya, yaitu di Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Gas Kota

Pemerintah juga terus berupaya memberikan energi bersih yang aman dan murah bagi masyarakat, antara lain dengan memperluas pembangunan jaringan distribusi gas bumi (jargas) untuk rumah tangga. Pada tahun ini, rencananya akan dibangun 85 ribu sambungan rumah (SR) yang tersebar di lima kota, yaitu Surabaya 24 ribu SR, Prabumulih 32.250 SR, Tarakan 21 ribu SR, Batam 4.000 SR dan Balikpapan 3.849 SR.

Wiratmaja mengatakan anggaran pembangunan jargas pada 2016 sebesar Rp 1,33 triliun, di mana dana terbesar akan digunakan untuk membangun jargas di Prabumulih yang jumlahnya mencapai 32 ribu SR. Lelang untuk pembangunan jargas tahun ini telah dilakukan pemerintah.

“Pembangunan jargas untuk rumah tangga yang dilakukan secara masif juga akan mengurangi besaran subsidi bahan bakar,” kata dia.

Pembangunan jargas telah dilakukan sejak 2009 di Palembang dan Surabaya. Hingga akhir 2015, jumlah jargas yang terbangun mencapai 213 ribu SR yang tersebar di 27 kota. Dalam waktu dekat, direncanakan akan segera diresmikan pengoperasian jargas di Bekasi, Sidoardjo dan Ogan Ilir.(AT)

 

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)