Dunia Energi Logo Kamis, 23 November 2017

Pemerintah Sosialisasikan Penggunaan Biodiesel 20%

JAKARTA – Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Senin (19/10), melepas uji jalan dan sosialisasi pemanfaatan Biodiesel 20% (B20) Roadshow to Sumatera. Acara yang dibuka oleh Direktur Jenderal EBTKE Rida Mulyana ini dihadiri oleh perwakilan beberapa kementerian/instansi pusat, Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), lembaga litbang, kalangan kampus, distributor bahan bakar minyak, produsen BBN (biodiesel), manufakturkendaraan bermotor dan alat besar, serta asosiasi terkait.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Ditjen EBTKE dengan beberapa pihak, seperti BRDST -BPPT, BPDPKS, APROBI, GAIKINDO dan Hino. Ini merupakan wujud dukungan dalam menyukseskan mandatori pemanfaatan biodiesel sebesar 20% pada 2016 sebagaimana tertuang dalam Kebijakan Energi Nasional dengan diversifikasi energi yang terimplementasi dalam Peraturan Menteri ESDM No.32 Tahun 2008 dan telah diubah terakhir kali dengan Peraturan Menteri ESDM No.12 Tahun 2015 yang mewajibkan pemakaian biodiesel sebesar 20% pada kendaraan bermotor pada 2016.

“Selama ini hampir 94% pemenuhan kebutuhan energi nasional bersumber dari energi fosil, sementara produktivitas minyak bumi nasional cenderung menurun sehingga mengharuskan Indonesia untuk mengimpor BBM yang berimbas pada neraca ekonomi Indonesia. Namun di lain pihak, Indonesia memiliki potensi ketersediaan bahan baku biodiesel dari CPO yang sangat besar dan dapat dimanfaatkan sebagai pengganti BBM jenis minyak solar,” jelas Rida.

Oleh karena itu, tutur dia, pelaksanaan kegiatan Roadshow to Sumatera diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada masyarakat terhadap pemanfaatan biodiesel, sehingga meningkatkan inisiatif masyarakat untuk turut berpartisipasi dalam menyukseskan program pemerintah dalam upaya pemenuhan energi nasional melalui pemanfaatan energi terbarukan terutama biodiesel.

Kegiatan ini akan diselenggarakan antara 19 Oktober – 2 November 2015 dan diikuti oleh enam kendaraan yang menggunakan bahan bakar B20, yaitu kendaraan operasional Ditjen EBTKE (minibus), Truk Hino, Ford, Toyota dan Mitsubishi Pajero. Roadshow to Sumatera ini akan mengambil rute Jakarta – Lampung – Palembang – Jambi – Padang – Pekanbaru – Medan – kembali ke Jakarta. Selain itu, kegiatan ini juga akan disertai dengan penyelenggaraan seminar terbuka mengenai hasil uji teknis pemanfaatan B20 pada kendaraan bermotor di universitas negeri setempat pada setiap provinsi yang dilalui.(LH)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)