Dunia Energi Logo Minggu, 22 Oktober 2017

Pembangkit Listrik Tanjung Batu Gunakan Turbin Gas F-Class Produksi GE

JAKARTA – PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) saat ini sedang mengerjakan proyek perluasan Pembangkit Listrik Tanjung Batu, Kalimantan Timur (Kaltim). Guna memastikan keandalan dan efisiensi, dua unit “turbin gas F-class” produksi General Electric (GE) turut mendukung operasional pembangkit tersebut.

Direktur Operasional WIKA, Slamet Maryono mengungkapkan, teknologi turbin gas F-class GE dipilih dalam pengembangan Pembangkit Listrik Tanjung Batu atau biasa juga disebut “Pembangkit Kaltim Baru”, karena sudah terbukti keandalannya. Teknologi ini memungkinkan PT PLN (Persero) meningkatkan pasokan listrik di wilayah Kaltim, sekaligus mengurangi biaya operasi jangka panjang.

“Hal ini dimungkinan karena teknologi turbin gas F-Class GE dapat mengubah penggunaan bahan bakar minyak menjadi bahan bakar gas, dan menggabungkannya ke siklus tertutup. Jadi sekarang saat pembangkit ini belum mendapat pasokan gas, turbin akan digerakkan dulu dengan solar. Di sinilah letak fleksibilitas teknologi F-Class GE ini,” ujar Slamet di Jakarta, Selasa, 7 Agustus 2012.

Pimpinan GE Layanan Pembangkit Listrik Asia Pasifik, Ramesh Singaram menuturkan, untuk proyek pengembangan Pembangkit Listrik Kaltim Baru – Tanjung Batu ini, pihaknya memasok dua turbin gas “Frame 6FA”, yang akan menjaga stabilitas jaringan dengan memenuhi kebutuhan listrik selama periode puncak.

Awalnya, dua turbin itu akan beroperasi pada mesin diesel berkecepatan tinggi (High Solar Diesel/HSD). Setelah kontrak dan pasokan gas didapatkan PLN untuk Kalimantan Timur, maka dua turbin “Frame 6FA” GE itu akan digerakkan dengan gas. Jadi selanjutnya HSD hanya menjadi bahan bakar cadangan.

Dua unit turbin gas F-Class GE itu akan didatangkan ke lokasi Pembangkit Listrik Tanjung Batu pada November 2012, dan mulai beroperasi komersial pada akhir Juni 2013. Masing-masing unit dapat memproduksi listrik sekitar 70 Megawatt (MW) pada siklus terbuka. “Selain itu GE juga akan menyediakan layanan teknis instalasi dari pengujian unit, pelatihan, dan kinerja,” ujar Ramesh.

Ia menerangkan, turbin gas Frame 6FA GE merupakan salah satu jenis teknologi F-class. Lebih dari 1.400 jenis teknologi F-class turbin gas, termasuk 140 Frame 6FA, telah terjual secara global dan beroperasi pada tingkat efisiensi yang tinggi dalam siklus tertutup atau siklus regenerasi.

Dua unit turbin gas Frame 6FA GE yang dikirimkan ke Pembangkit Kaltim Baru – Tanjung Batu, memiliki efisiensi termal sekitar 32,5% dalam siklus terbuka HSD. Efisiensinya meningkat menjadi hampir 54% ketika sudah dikonversikan ke dalam siklus tertutup dengan bahan bakar gas.

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)