Dunia Energi Logo Sabtu, 18 November 2017

Pelumas Pertamina Masuk Vietnam

Jakarta – PT Pertamina (Persero) terus memperluas pemasaran produk pelumasnya untuk pasar ekspor. Setelah China dan Australia Barat, melalui Pertamina Lubricants, pelumas hasil produksi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor energi ini pada awal September 2012 telah mulai didistribusikan di Vietnam.

 

VP Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir mengungkapkan, Pelumas Pertamina menembus pasar Vietnam melalui segmen otomotif dan industri. Pengiriman perdana melalui pelabuhan Tanjung Priok meliputi varian dari Pelumas Pertamina, seperti Meditran SX, Mesran Series, dan Turalik telah dilakukan pada 30 Agustus 2012.

 

“Dalam tiga hari Pelumas kami sudah sampai di pelabuhan Ho Chi Minh City, Vietnam,” ujar Ali. Menurutnya, Vietnam merupakan negara dengan potensi pertumbuhan ekonomi yang baik di kawasan Asia. Kondisi ini didorong perubahan sistem ekonomi yang semula terpusat, telah digantikan menjadi ekonomi pasar sosialis berorientasi industrialisasi nasional dan modern.

 

“Perubahan sistem ekonomi ini, membuat arus investasi asing semakin meningkat di Vietnam. Apalagi dengan jumlah penduduk sekitar 80 juta jiwa, akan menjadi captive market yang potensial,” tandas Ali.

 

Keterbatasan kekayaan migas menjadikan Vietnam sangat tergantung kepada impor bahan bakar minyak dan pelumas dari Thailand, Singapura, dan beberapa perusahaan multi nasional  yang membangun bisnis tersebut di Vietnam.

 

Ali menambahkan, Pertamina Lubricants telah menunjuk perusahaan Indochina Petroleum Trading Joint Stock Company, sebagai Distributor Eksklusif Pelumas Pertamina di Vietnam. Dengan network bisnis yang dimiliki, Pertamina yakin penetrasi Pelumas akan berhasil di Vietnam.

 

“Apalagi dengan kualitas Pelumas Pertamina yang terbaik dan harga yang kompetitif, akan menjadikannya sangat kompetitif untuk bersaing di Vietnam,” kata Ali lagi.

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)