Dunia Energi Logo Jumat, 24 November 2017

Peduli Kanker Payudara, Pertamina Sumbangkan Satu Unit Mobil Mamografi

Mobil MamografiJAKARTA – PT Pertamina (Persero) pada Kamis, 22 Agustus 2013, menyerahkan bantuan satu Unit Mobil Mamografi kepada Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta. Sumbangan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial Pertamina, untuk ikut mengatasi secara dini kanker payudara yang banyak menimbulkan kematian pada kaum hawa.

Bantuan Unit Mobil Mamografi diserahkan oleh Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan, kepada Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta pada . Penyerahan bantuan dihadiri oleh Pendiri dan Dewan Pembina Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta Linda Amelia Sari Gumelar, Taty A.M. Hendropriyono, Andy Endriarto Sutarto, dan Rima Melati Tumbuan.

Dalam kesempatan itu Karen menuturkan, salah satu unsur penting dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) bangsa ini adalah aspek kesehatan, yang kini menjadi salah satu tantangan bersama. Kesehatan, terutama ibu dan kaum hawa pada umumnya, membutuhkan perhatian serius karena sangat menentukan bagi kelangsungan hidup bangsa ini ke depan.

Salah satu tantangan yang dihadapi pemerintah terkait dengan kesehatan perempuan saat ini adalah upaya mengatasi ancaman penyakit kanker payudara. Seperti diketahui, tuturnya, Kanker payudara yang hingga kini merupakan kanker pembunuh nomor satu di Indonesia.

“Sebagai bentuk kepedulian Pertamina terhadap ancaman kanker payudara yang merupakan kanker pembunuh nomor satu di Indonesia, maka Pertamina pada hari ini memberikan bantuan Unit Mobil Mamografi kepada Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta dan Himpunan Ratna Busana sebagai bentuk apresiasi terhadap perjuangan dan kepeduliannya dalam mengatasi masalah penyakit kanker payudara. kami berharap bantuan ini dapat dioptimalkan dengan sebaik mungkin agar dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada masyarakat Indonesia,” tutur Karen.

Bantuan Unit Mobil Mamografi  ini ditujukan untuk memberikan pelayanan pada masyarakat untuk mendukung program nasional deteksi dini kanker payudara dan leher Rahim (kanker servick) sehingga dapat membantu upaya mengurangi jumlah penderita kanker payudara. Selain itu,  dengan  Unit Mobil Mamografi ini percepatan sosialisasi informasi dan cara deteksi dini kanker payudara dapat tercapai dengan adanya peningkatan akses pelayanan masyarakat terhadap deteksi dini kanker payudara dengan biaya terjangkau dan dengan kualitas optimal

Paket bantuan Unit Mobil Mamografi terdiri dari satu unit bus yang dilengkapi dengan satu unit alat mamografi digital keluaran terbaru, satu uni silent genset sebagai pemasok daya, dan dua AC Split untuk menjaga suhu ruangan alat mamografi. Unit Mobil Mamografi ini akan dioperasionalisasikan oleh Yayasan Kesehatan Payudara Jakarta bekerjasama dengan RS Kanker Dharmais.

Mamografi merupakan sistem berbasis sinar X dosis rendah yang khusus digunakan untuk pemeriksaan kesehatan payudara. Sampai dengan saat ini mamografi masih merupakan “Gold Standard” untuk mendeteksi adanya tumor atau kanker pada payudara. Mamografi dapat menunjukkan benjolan yang sangat kecil (mikrokalsifikasi) atau pertumbuhan yang tak teraba oleh dokter atau pasien itu sendiri pada saat melakukan screening manual.

(Iksan Tejo / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)