Dunia Energi Logo Senin, 23 Oktober 2017

Pasca Libur Panjang, Aksi Beli Bakal Ramaikan Bursa

Kamis, 23 Agustus 2012 merupakan hari pertama perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pasca libur panjang Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriah yang dimulai Jumat, 17 Agustus 2012 lalu. Sejumlah sekuritas memprediksi perdagangan bakal diramaikan aksi beli. Investor direkomendasikan mencermati saham UNTR dan PTBA.

Seperti diprediksi Kiwoom Securities, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari pertama ini berpeluang mengalami penguatan. Naiknya harga komoditas pasca libur panjang Idul Fitri, akan mendorong aksi beli para investor di bursa.

Meski demikian, Erdhika Securities menilai, pelemahan pada sejumlah indeks regional Asia dan indeks global pada perdagangan Rabu, 22 Agustus 2012, bakal memberikan tekanan pada IHSG. Sehingga ada kemungkinan IHSG pada perdagangan hari pertama ini bakal bergerak mix.

Sementara itu, e-Trading Securities optimis investor bakal melakukan aksi borong saham pada pembukaan pertama perdagangan, di Kamis, 23 Agustus 2012. Hal ini didorong optimisme investor, menyusul penguatan IHSG pada penutupan perdagangan sebelum libur Idul Fitri.

Pada perdagangan sebelum libur Idul Fitri, IHSG ditutup naik 19 poin. Hampir seluruh sektor saham mengalami kenaikan. Dari sektor energi, saham yang menjadi top gainers PT Bayan Resources Tbk (BYAN).

Dunia Energi pun mengamati, investor di bursa sedang haus belanja setelah libur bertransaksi selama sepekan. Bahkan kemungkinan aksi borong saham bakal berlangsung sampai perdagangan di penghujung pekan, Jumat, 24 Agustus 2012.

Merujuk rekomendasi e-Trading Securities, dari sektor energi saham yang patut dicermati adalah saham PT Bukit Asam Tbk (PTBA). Pada sektor terkait, saham PT United Tractors Tbk (UNTR) juga patut dipertimbangkan untuk dikoleksi.

Disclimer: ulasan ini hanya merupakan informasi dan prediksi, bukan penawaran untuk menjual atau membeli. Keputusan sepenuhnya ditangan investor.

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)