Dunia Energi Logo Senin, 20 November 2017

Moody’s Turunkan Peringkat Indika Energy

JAKARTA– Lembaga Pemeringkat Moody’s Investors Service menurunkan corporate family rating (CFR) PT Indika Energy Tbk (INDY) dari B2 menjadi B3 dengan outlook negatif. Pemangkasan peringkat juga diberikan atas surat utang yang diterbitkan anak usaha perseroan, yaitu Indo Energy Finance BV sneilai US$300 juta dan Indo Energy Finance I BV mencapai US$500 juta.

Brian Grieser, Moody’s Vice President and Senior Analyst, menyatakan penurunan peringkat tersebut merefleksikan penurunan metrik kredit, penurunan kas seiring pelaksanaan pembelian kembali obligasi, dan berlanjutnya penurunan harga jual batubara di pasar global. Kecenderungan berlanjutnya penurunan harga jual batubara berpotensi menekan laba perseroan pada 2016-2017. “Sedangkan pembelian kembali obligasi berpeluang menurunan kas internal perseroan pada 2016 dan 2017,” kata Grieser dalam penjelasan resmi Moodys.

Indika melalui anak usahanya, Indo Energy Finance BV, akan melaksanakan penawaran tender (tender offer)sebagian surat utang (senior notes) senilai US$ 100 juta dari jumlah pokok US$ 300 juta. Senior notes yang dibeli kembali adalah notes 2011 dengan bunga 7% yang akan jatuh tempo pada 2018.

Indo Energy yang merupakan anak usaha Indika di Belanda sudah sepakat untuk membeli kembali senior notes tersebut dari pemegang obligasi pada Senin (23/11). Indika akan menjadi penjamin pelaksanaan transaksi itu.

Tender offer diajukan kepada pemegang notes 2018 dan dimulai sejak 23 November dan diakhiri pada 21 Desember 2015. (DR)

 

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)