Dunia Energi Logo Kamis, 21 September 2017

Minyak Mentah Iran akan Diuji di Kilang Cilacap

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) segera merealisasikan pembelian minyak mentah (crude oil) dari Iran. Untuk itu, perseroan akan melakukan uji coba kelayakan minyak mentah di Kilang Cilacap sebelum melakukan perjanjian kontrak jangka panjang.

“Kita akan melakukan tes dulu. Satu kargo dulu kita beli buat tes. Nanti kita lihat bagaimana performance minyak tersebut di kilang Cilacap,” kata Daniel S Purba, Senior Vice President Integrated Supply Chain (ISC) Pertamina di Jakarta, Rabu (29/6).

Menurut Daniel, minyak mentah dari Iran berjenis Iranian Light Crude nantinya akan menjadi pilihan bagi alternatif minyak mentah yang digunakan Pertamina. Sejauh ini Pertamina dan National Iranian Oil Company masih tahap negosiasi. Pada kuartal III akan dikirim satu juta barel.

Sebelum melakukan negosiasi pengadaan minyak mentah Pertamina dan NIOC telah terlebih dulu melakukan kerja sama untuk kontrak pembelian liquified petroleum gas (LPG) jangka panjang sebesar 500.000 ton. Penandatanganan kesepakatan telah dilakukan pada 30 Mei 2016 lalu dengan pengadaan LPG tahap awal  sebesar 80.000 ton.(RI)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)