Dunia Energi Logo Jumat, 24 November 2017

Medco Tunjuk Konsorsium Encona dan JGC Kontraktor Fasilitas Produksi Blok A

Medco Tunjuk Konsorsium Encona dan JGC Kontraktor Fasilitas Produksi Blok A

JAKARTA- PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah menetapkankonsorsium PT Encona Inti Industri dan PT JGC Indonesia sebagai kontraktor untuk membangun fasilitas produksi lapangan Gas Blok A di Aceh Timur.  Lukman Mahfoedz, Direktur Utama Medco Energi, mengatakan penunjukan langsung dilaksanakan lantaran telah terjadi beberapa kali kegagalan proses tender.

Menurut Lukman pembangunan lapangan gas Blok A tak bisa menunggu lama. Apalagi, Pemerintah Provinsi Nanngroe Aceh Darussalam dan Pemerintah Kabupaten Aceh Timur sudah memberi pesan langsung agar pembangunan fasilitas produksi dipercepat.”Target kami sangat ketat. Kami berharap konsorsium bisa menyelesaikan pembangunan hingga 98% pada akhir 2017,” ujarnya.

Lapangan gas Blok A dikelola bersama PT Medco E&P Malaka bersama dua mitra kerja, yaitu KrisEnergi dan JAPEX. Sebagai operator, Medco  memiliki porsi 41,67%, sedangkan KrisEnergy memegang 41,66% hak partisipasi dan sisanya sebesar 16,67% dipegang Japex.Produksi gas diproyeksikan dapat dimulai awal 2018 untuk memenuhi pasokan gas harian sebesar 63 BBTUD.

Menurut rencana, gas tersebut dialirkan ke sistem distribusi pipa Pertamina Arun Belawan di Sumatera Utara untuk mendukung kelangsungan industri dan kelistrikan bagi masyarakat Aceh dan Sumatra Utara.  (RA)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)