Dunia Energi Logo Kamis, 23 November 2017

Medco Raih Penghargaan Energi Pratama

JAKARTA – Upaya PT Medco E&P Indonesia (“Medco E&P”) yang terus-menerus melakukan inovasi, terutama dalam pemanfaatan energi dengan prinsip konservasi dan diversifikasi pada masyarakat sekitar operasi, mendapat apresiasi dari pemerintah melalui Penghargaan Energi 2015 yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral pada Kamis, 22 Oktober 2015 di Hotel Bidakara, Jakarta.

Penghargaan Energi Pratama diterima oleh Medco E&P atas pelaksanaan Program Bright yang telah menyediakan listrik di lima desa sekitar wilayah operasi yang terletak di Kecamatan BTS Ulu, Musi Rawas, Sumatera Selatan dan belum terjangkau insfrastruktur kelistrikan nasional dengan memanfaatkan gas suar bakar (flaring) sebesar 11,3 mscfd, sebagai bahan bakar untuk mesin pembangkit listrik.

Pemanfaatan gas suar bakar ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat lokal dengan memunculkan kesempatan kepada masyarakat untuk membuka usaha dengan menggunakan energi listrik dengan biaya yang lebih murah. Pemanfaatan gas suar bakar ini juga berfungsi menurunkan emisi pencemaran udara setara dengan 872 Ton CO2e  per tahun.

Penghargaan Energi Pratama 2015 diberikan langsung oleh Menteri ESDM, Sudirman Said kepada Direktur Produksi Medco E&P, Hartono Nugroho. “Penghargaan ini membuktikan komitmen Medco E&P untuk terus berinovasi dalam menjaga lingkungan dan kepedulian Perusahaan terhadap masyarakat sekitar. Kami bangga atas pencapaian ini karena program-program pemberdayaan masyarakat Medco E&P terbukti mampu mendorong tingkat kesejahteraan masyarakat lokal dan melestarikan lingkungan hidup, dimana hal ini pada akhirnya memberikan manfaat bagi keberlangsungan operasi kami di lapangan”, ujar Hartono Nugroho usai menerima penghargaan.

Dia menambahkan, selain bermanfaat di bidang lingkungan dan kesejahteraan, program ini mendukung aktivitas masyarakat yang membutuhkan listrik seperti ibadah, belajar-mengajar, akses informasi dan komunikasi di daerah terpencil. Tersedianya listrik di malam hari juga meningkatkan keamanan wilayah di desa-desa tersebut. “Berbagai manfaat yang diterima masyarakat dari Program Bright telah berhasil meningkatkan keharmonisan Medco E&P dengan masyarakat sekitar sekaligus meningkatkan kinerja Perusahaan,” katanya.

Pada tahun ini, Medco E&P merupakan satu-satunya perusahaan Migas yang berhasil memperoleh penghargaan Energi ini. Medco E&P merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) yang melaksanakan proyek hulu migas milik Negara dan dalam melaksanakan kegiatan operasinya di Indonesia, Medco E&P bekerja di bawah pengawasan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Hulu Migas (SKK Migas).

Penghargaan Energi Pratama diberikan kepada Perusahaan Nasional atau Daerah atau Asing yang berjasa luar biasa dan memiliki komitmen yang tinggi untuk berpartisipasi aktif sebagai korporat yang memberikan sumbangan nyata dalam hal pengembangan teknologi baru, inovasi, penyediaan serta pemanfaatan energi dengan prinsip konservasi dan/atau diversifikasi. Dengan demikian, terwujud produk nyata secara fisik untuk operasi Perusahaan sendiri serta berdampak besar terhadap pembangunan maupun peningkatan peran dan kinerja sektor energi dan sumber daya mineral dalam pengelolaan energi yang berkelanjutan dan efisien.(RA)
 

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)