Dunia Energi Logo Senin, 23 Oktober 2017

MEDC Tuntaskan Akuisisi Blok 9 Yaman

Lokasi Blok 9 di Yaman.

JAKARTA – PT Medco Energi Internasional Tbk menandatangani dokumen Penyelesaian Perjanjian Jual Beli dengan Reliance Exploration & Production DMCC (REPDMCC) pada Rabu, 5 Desember 2012. Dengan demikian, tuntas sudah proses akuisisi 25% saham Blok 9 di Yaman oleh emiten berkode MEDC ini.

Presiden Direktur MEDC, Lukman Mahfoedz mengungkapkan, langkah akuisisi ini sejalan dengan usaha perseroan untuk aktif di Timur Tengah dan Afrika Utara. Akuisisi Blok 9 ini secara keseluruhan membantu merealisasikan strategi pertumbuhan dan membangun portofolio aset produksi MEDC, selain area eksplorasi yang telah dioperasikan di Blok 82 dan 83 di Yaman.

“Kami percaya peranan Medco Energi di Blok 9 akan memberi dampak positif bagi Pemerintah Yaman, kemitraan PSC Blok 9, serta juga kinerja operasional dan finansial MedcoEnergi,” papar Lukman Mahfoedz di Jakarta.

Kepemilikan MEDC setelah perhitungan proporsional kepemilikan Yemen Oil and Gas Corporation, secara sah mencapai 21,25%. Rincian kepemilikannya ialah 42,50% oleh Calvalley Petroleum (Cyprus), 21,25% oleh MedcoEnergi (Yemen Malik Limited), 21,25% oleh Hood Oil Limited, dan 15,00% oleh YOGC.

“Dukungan dan kerjasama Pemerintah Yaman dalam mewujudkan transaksi ini patut dicontoh, dan saya percaya bahwa dukungan yang sama juga diberikan oleh Pemerintah Indonesia untuk mendorong perusahaan nasional lebih berkembang di dalam negeri,” imbuh Lukman.

Blok 9 merupakan blok eksplorasi dan produksi yang terletak di propinsi Hadramaut, Republik Yaman, sekitar 350 kilometer sebelah timur-laut dari Ibukota Yaman, Sana’a. Blok yang berada di Sayun-Masila Basin ini memiliki luas sebesar 2.234 kilometer persegi. Pada 25 Agustus 2005, Pemerintah Yaman telah memberikan lisensi pengembangan blok ini selama 20 tahun.

(CR-1 / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)