Dunia Energi Logo Kamis, 23 November 2017

MEDC Adopsi 5.000 Pohon di Gunung Gede Pangrango

Direktur Utama Medco E&P Frila B Yaman brsama karyawan Medco menanam 1.000 pohon di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Direktur Utama Medco E&P Frila B Yaman bersama karyawan Medco menanam 1.000 pohon di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

BOGOR – PT Medco Energi Internasional Tbk kembali meneguhkan komitmennya terhadap pelestarian lingkungan. Lewat anak usahanya, PT Medco E&P Indonesia, emiten energi berkode MEDC ini “mengadopsi” (mananam dan merawat) sebanyak 5.000 pohon, untuk penghijauan di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cipanas, Bogor, Jawa Barat.

Pendiri Medco Group, Arifin Panigoro menuturkan, selama ini Medco E&P sudah merealisasikan banyak program terkait pelestarian lingkungan. Diantaranya penggunaan Compressed Natural Gas (CNG) sebagai bahan bakar pengganti bahan bakar minyak (BBM) untuk kendaraan operasional Medco.

Medco E&P juga melakukan konservasi air, efisiensi energi di wilayah kerja Medco E&P, melestarikan keanekaragaman hayati berupa penanaman bambu betung di Kali Pesanggrahan, dan program lainnya. Dan Sabtu, 1 Juni 2013, segenap pimpinan dan karyawan Medco E&P, menanam 1.000 pohon di Desa Meleber, Kecamatan Cipanas – Bogor, yang termasuk areal Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Acara itu dibuka dengan penanaman bibit pohon oleh Arifin Panigoro, dan jajaran Direksi MEDC beserta anak perusahaannya. Tampak diantaranya Direktur Utama Medco E&P Frila Berlini Yaman, Direktur Pengembangan Medco E&P Eka Satria, Direktur Keuangan Lany Djuwita Wong, Direktur & COO Power, Mining & Downstream MEDC Budi Basuki, Direktur & Chief Planning Officer MEDC Akira Mizuta, dan Direktur Produksi MEDC Hartono Nugroho.

“Program ini tidak hanya berhenti sampai di sini, Medco akan terus melakukan program-program pelestarian lingkungan dan pemberdayaan masyarakat,” janji Arifin usai melakukan penanaman bibit pohon. Maka dari itu, usai menanam 1.000 pohon, Medco E&P, Pengelola Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, dan Green Radio menanadatangani Nota Kesepahaman Program Adopsi 5.000 Pohon.

Frila B Yaman mengatakan, Medco E&P akan menanam dan merawat pohon  jenis Rasamala, Kihujan, Manglit, dan Puspa, pada areal sepanjang 5 km dan seluas 3 hektar di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Program ini akan berlangsung selama 3 tahun, dengan target 5.000 pohon. Selama 3 tahun itu, 5.000 pohon yang ditanam akan terus dipelihara dengan biaya dari Medco, hingga tumbuh sesuai dengan target dari program ini.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dipilih, karena kawasan itu merupakan penampung air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Kabupaten Cianjur, Sukabumi, Bogor bahkan DKI Jakarta. Selain itu, kawasan ini juga mempunyai fungsi penting lain, yaitu sebagai pengatur iklim, dapat memproduksi oksigen (O2) dan penyerap karbondioksida (CO2).

Dalam waktu dekat, kata Arifin, Medco E&P akan melakukan penanaman pohon di Daerah Aliran Sungai (DAS) Musi, Sumatera Selatan. Sebagai bentuk pengakuan atas komitmen Medco E&P terhadap pelestarian lingkungan, pada 2012 untuk kedua kalinya secara berturut-turut Medco E&P meraih PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk Blok Rimau PSC.

(Abdul Hamid / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)