Dunia Energi Logo Sabtu, 24 Februari 2018

Komut Pertamina : Perubahan Struktur Manajemen Sudah Melalui Kajian

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada sore ini, Selasa (13/2). RUPS yang semula diagendakan pada pukul 11.30 WIB ditunda karena ada jadwal kunjungan DPR ke kantor Pertamina.

RUPS Pertamina memiliki agenda perubahan struktur organisasi dengan menambahkan kursi direksi. Saat ini direksi Pertamina mencakup satu direktur utama dan sembilan direktur.

Tanri Abeng, Komisaris Utama Pertamina, mengatakan RUPS Pertamina hari ini untuk meresmikan rencana perubahan struktur organisasi tersebut.

“Ya undangannya begitu (RUPS), mungkin (pergantian direksi), tapi belum jelas. Ini nanti akan diumumkan,” kata Tanri saat ditemui di Kementerian BUMN, Selasa.

Tanri menolak membeberkan seperti apa bentuk struktur organisasi yang baru di Pertamina. Keputusan tersebut ada di tangan pemerintah sebagai pemegang saham Pertamina.

“Saya tidak tahu karena saya belum tahu siapa-siapa yang akan ditempatkan di struktur baru tersebut,” ungkap dia.

Menurut Tanri, sebelumnya sudah ada kajian terkait rencana perubahan struktur organisasi Pertamina untuk menggenjot kinerja perusahaan.

“Kalau studinya itu perubahan struktur. Biasanya kalau ada struktur dirubah susunannya juga berubah, tapi nanti kita lihat deh,” ungkap dia.

Saat ini manajemen Pertamina terdiri dari 10 direksi. Elia Massa Manik sebagai direktur utama; Syamsu Alam, Direktur Hulu; Yenni Andayani, Direktur Gas; Toharso, Direktur Pengolahan; Muchamad Iskandar, Direktur Pemasaran; Ardhy N Mokobombang, Direktur Megaproyek Pengolahan dan Petrokimia; Arief Budiman, Direktur Keuangan; Gigih Prakoso, Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko; Nicke Widyawati, Direktur Sumber Daya Manusia dan Dwi Wahyu Daryoto, Direktur Manajemen Aset.

Dua nama baru yang akan masuk ke jajaran direksi Pertamina adalah, Alex J Sinaga dan Insan Purwasya Tobing. Kedua-nya merupakan orang nomor satu di perusahaan BUMN. Menurut sumber Dunia Energi, Nicke yang sebelumnya menjadi direktur SDM menjadi direktur perkapalan. Posisi Direktur SDM akan ditempati Insan yang saat ini menjabat Direktur Utama PT Pelni (Persero) dan sebelumnya menjabat senior vice president human resources Pertamina.

Baca juga  Konsorsium BUMN Paling Layak Beli Saham Divestasi Freeport

Alex yang saat ini menjadi Direktur Utama PT Telkom (Persero) ditunjuk menjadi direktur marketing retail. Sedangkan Iskandar akan bergeser menjadi direktur marketing industri.
Satu nama yang disebut-sebut ikut masuk jajaran direksi baru Pertamina adalah R Gunung Sardjono Hadi, Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi (PHE). Gunung disebut akan diplot di posisi direktur pusat riset dan teknologi Pertamina. Namun ketika dikonfirmasi Dunia Energi, Selasa, Gunung hanya menjawab pesan singkatnya dengan senyuman.(RI)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)