Dunia Energi Logo Jumat, 17 November 2017

Kernel Oil Ditendang, Trafigura Menangkan Tender Penjualan Kondensat Senipah

trafigura-office-logoJAKARTA – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) pada Rabu malam, 21 Agustus 2013, mengumumkan perusahaan trading komoditi “Trafigura Beheer BV” sebagai pemenang tender penjualan kondensat bagian pemerintah (lifting) dari Lapangan Migas Senipah, Kalimantan Timur. Kernel Oil Pte Ltd dikeluarkan dari total 35 peserta tender.     

“Penetapan ini berdasarkan pada Premium tertinggi yang ditawarkan, yaitu sebesar $2,30 di atas ICP (Indonesian Crude Price) Kondensat Senipah,” ujar Agus Budiyanto, Kepala Sub Bagian Komunikasi dan Protokoler SKK Migas.

Agus menerangkan, tender untuk lifting periode bulan September-Oktober 2013 dengan volume sebesar 400-500 ribu barel  ini telah dilaksanakan hari Senin, 19 Agustus 2013. Proses tender dilaksanakan dengan mengundang semua trader yang terdaftar di SKK Migas.

“Dari 35 trader yang awalnya diundang, Kernel Oil kemudian dikeluarkan dari daftar undangan karena masih terkait dengan persoalan hukum yang sedang berjalan di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),” jelas Agus.

Menurutnya, sebanyak tujuh trader memasukkan penawaran. Dari jumlah ini, tiga penawar dinyatakan tidak dapat memenuhi ketentuan volume maupun periode lifting yang dipersyaratkan, sedangkan empat penawar lainnya memenuhi semua persyaratan.

Seperti diketahui, KPK pada Selasa pekan lalu menangkap basah suap yang dilakukan Kernel Oil Pte Ltd terhadap Kepala SKK Migas, Rudi Rubiandini. Ditengarai, suap itu untuk memuluskan langkah Kernel memenangkan tender penjualan minyak mentah dan kondensat bagian pemerintah, dari tiga lapangan yakni Duri di Riau, Senipah di Kalimantan Timur, dan Lapangan Banyuurip di Bojonegoro, Jawa Timur.

Kabarnya, Kernel terancam tidak lolos ke tahap lelang berikutnya, karena kurang memenuhi syarat secara administratif. Agar lolos, trader minyak yang berkantor pusat di Singapura ini berusaha memberikan uang pelicin ke Kepala SKK Migas, namun akhirnya tertangkap tangan KPK.

Trafigura sendiri sebagai pemenang tender penjualan lifting kondensat Senipah, tercatat trader komoditi multinasional yang berkantor pusat di Lucerne, Switzerland. Didirikan pada 1993, trader minyak dan mineral mentah ini juga memiliki kantor di Amsterdam, Belanda.

(Abdul Hamid / duniaenergi@yahoo.co.id)  

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)