Dunia Energi Logo Sabtu, 16 Desember 2017

Kapal MT Arenza, Konsumen Pertama Pelumas Pertamina di Uni Emirat Arab

Kapal tanker MT Arenza.

JAKARTA – Kehadiran Pelumas Meditran series di Uni Emirat Arab, semakin menggairahkan bisnis Pelumas Pertamina di negara yang pasarnya sedang tumbuh pesat tersebut. MT Arenza menjadi kapal pertama yang mengkonsumsi produk BUMN Indonesia itu di Fujairah.

Pengisian Pelumas Meditran 330 perdana ke kapal MT Arenza di Fujairah, Dubai, berlangsung pada Kamis, 31 Januari 2013. Kapal MT Dewi Maeswara juga rencananya juga akan mengkonsumsi pelumas Pertamina di Fujairah, mulai Maret 2013 mendatang.

Pelumas Meditran 330 yang diisikan ke kapal tanker itu, diproduksi melalui LOBP (Lube Oil Blending Plant) Sharjah National Lube Oil Company Ltd, Uni Emirat Arab, sesuai dengan formulasi dan kualitas Pertamina.

“Ini menandakan era baru dalam bisnis Pelumas Pertamina di pasar global. Dengan pengisian Pelumas Meditran ke kapal VLCC Arenza, dan bulan depan untuk kapal Dewi Maeswara, semakin membuktikan Pertamina mampu untuk menjadi pemain global,” tutur VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Ali Mundakir di Jakarta, Ahad, 3 Februari 2013.

Sebelumnya, kata Ali, di sektor otomotif Pertamina melalui produk co-branding Pertamina dan SK Lubricants, Zypex, cukup berhasil mendapatkan penerimaan pasar Uni Emirat Arab di segmen mid-low sejak 2007.

Untuk segmen top tier, Pertamina juga telah memperkuat penetrasinya dengan ekspor perdana Fastron berbagai seri ke Uni Emirat Arab pada Oktober 2012. Fastron series pada tahap awal fokus di pasar Dubai dan Sharjah sebelum menyebar ke seluruh wilayah Uni Emirat Arab.

“Pelumas Pertamina telah hadir dan diterima pasar di sekitar 22 negara Asia Pasifik, bahkan telah pula merambah ke pasar Eropa dan Afrika, melalui Swiss dan Afrika Selatan sebagai pintu pertama sekaligus negara destinasi ekspor Pelumas Pertamina ke-23 dan ke-24,” terang Ali lagi.

(Abraham Lagaligo/abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)