Dunia Energi Logo Rabu, 20 September 2017

Jelang Pertemuan Doha, Harga Minyak Kembali Bergerak di Level US$40 per Barel

NEW YORK – Harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI), patokan Amerika Serikat, untuk pengiriman Mei naik 64 sen menjadi US$40,36 per barel di New York Mercantile Exchange pada Senin (Selasa pagi WIB). Sementara itu, patokan Eropa, minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Juni, meningkat 89 sen menjadi US$42,83 per barel di perdagangan London.

Pertemuan produsen-produsen minyak utama untuk membahas pembatasan produksi di Doha, Qatar pada 17 April mendatang telah mendorong harga minyak ke level US$40 per barel. Apalagi stok dan produksi minyak di AS juga cenderung melemah.

“Fokus tetap pertemuan produsen-produsen utama pada 17 April di Doha yang bisa menghasilkan perjanjian untuk membatasi produksi guna menopang harga minyak mentah,” kata Bart Melek dari TD Securities seperti dikutip AFP.

Namun, Tim Evans, analis Citi Futures, mengatakan laporan produksi yang tinggi di Rusia dan Irak memicu kekhawatiran akan pasokan yang berlebih. Ditambah, Kuwait berencana untuk meningkatkan produksi setelah akhir 2016.

“Produsen-produsen ini mungkin hanya mendapatkan peningkatan terakhir mereka ke pasar menjelang pembekuan, tapi rasanya tidak konsisten dengan semangat pembatasan produksi dan menimbulkan keraguan mengenai kemungkinan sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati,” kata Evans.(AT)

 

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)