Dunia Energi Logo Kamis, 23 November 2017

Inpex Tawarkan Keikutsertaan di Blok Masela, Pertamina Siap Ambil 20%

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) menjajaki serius untuk ikut serta  dalam pengelolaan Blok Masela dengan membeli saham (farm in) dari Inpex Corporation sebesar 20%. Dwi Soetjipto, Direktur Utama Pertamina, mengungkapkan Inpex sudah secara resmi melayangkan tawaran kepada Pertamina. “Belakangan Inpex mulai ada pemikiran mengajak Pertamina,” kata Dwi saat ditemui di kantor Pusat Pertamina, Kamis malam (23/6).

Dwi menegaskan saat ini kesiapan Pertamina untuk mengakuisisi sebagian hak pengelolaan Blok Masela, termasuk kesiapan dari sisi pendanaan. “Saya kira kita mampu ambil 20% hak partisipasi Masela,” tegasnya.

Namun Dwi belum bisa menjabarkan skema atau persiapan lebih lanjut dalam mempersiapkan pembelian saham karena saat ini masih dikaji dan dilakukan evaluasi.

Inpex melalui Inpex Masela Ltd merupakan operator Blok Masela yang berlokasi di Laut Arafuru, Maluku dengan kepemilikan 65% saham. Sisanya, dikuasai Shell 35%. Kontrak kerja sama pengelolaan blok ini baru akan berakhir pada 2028 mendatang.(RI)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)