Dunia Energi Logo Minggu, 17 Desember 2017

Industri Gasifikasi Batu Bara akan Dibangun di Muara Enim dan Mesuji

JAKARTA – Pembangunan industri gasifikasi batubara dan turunannya akan dibangun di Muara Enim, Sumatera Selatan dan  Mesuji, Lampung.

 

Rencana pembangunan industri petrokimia di Muara Enim diperkirakan membutuhkan batu bara sebanyak 4,2 juta ton per tahun dari cadangan batubara setempat sebesar 438.000 juta ton dan akan menyerap tenaga kerja 1.196 orang.

Sementara itu, rencana pembangunan industri serupa di Mesuji, Lampung diperkirakan bakal melahap batubara 10 juta ton/ tahun dari cadangan batubara setempat sebesar 820 juta ton. Serapan tenaga kerja langsung diprediksi 1.513 orang dan 20 ribu – 30 ribu tenaga kerja tidak langsung.

Saleh Husin, Menteri Perindustrian, menyebutkan industri sangat dituntut perannya untuk melakukan konservasi dan efisiensi energi karena merupakan pengguna energi nasional terbesar sekitar 40%.

“Upaya itu dilakukan melalui program restrukturisasi permesinan industri, penerbitan standar industri hijau, penyusunan standar intensitas energi dan penerapan manajemen energi pada industri yang lahap energi (semen, baja, pupuk/petrokimia, pulp & kertas, keramik, tekstil, makanan dan minuman),” kata Saleh.(RA)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)