Dunia Energi Logo Kamis, 18 Oktober 2018

Harga Minyak Terus Menguat Seiring Ekspektasi Peningkatan Permintaan Global

JAKARTA – Harga minyak dunia terus merangkak naik seiring laporan OPEC terkait permintaan minyak global 2018. Patokan AS, minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juni naik US$0,26 menjadi US$70,96 di New York Mercantile Exchange pada penutupan Senin (Selasa pagi WIB).

Demikian juga minyak mentah Brent, yang menjadi patokan global, untuk pengiriman Juli naik US$1,11 menjadi US$78,23 per barel di London ICE Futures Exchange.

OPEC dalam laporannya memperkirakan pertumbuhan permintaan minyak yang kuat di negara-negara maju dan berkembang pada 2018.

“Untuk 2018, pertumbuhan permintaan minyak diperkirakan akan meningkat sekitar 1,65 juta barel per hari menjadi rata-rata 98,85 juta barel per hari,” ungkap OPEC dalam laporannya.

OPEC menyebut kekhawatiran geopolitik, pengetatan persediaan produk dan permintaan yang kuat memberikan dukungan terhadap harga minyak.

Raksasa jasa minyak Baker Hughes melaporkan pada Jumat (11/5), jumlah rig yang beroperasi di ladang-ladang minyak Amerika naik 10 rig menjadi total 844 rig. Jumlah rig adalah indikator ke depan pada produksi minyak.

Para analis mencatat bahwa tetap ada ketidakpastian di pasar minyak, karena ekspektasi permintaan global yang kuat, ketegangan geopolitik dan stabilisasi pertumbuhan produksi AS pada kuartal kedua.(AT/ANT)

Baca juga  Menteri Energi dan Wakil Menteri ESDM Dilantik Siang Ini

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.