Dunia Energi Logo Jumat, 15 Desember 2017

GKPM Award 2012, Adaro Borong Tiga Platinum

adaro GKPM

Booth PT Adaro Indonesia di GKPM Expo 2012.

JAKARTA – Pameran dan penganugerahan Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Award kembali diadakan tahun ini. Lewat kiprahnya dalam pelaksanaan Corporate Social Responsibility (CSR) PT Adaro Indonesia berhasil menyabet total sembilan penghargaan, diantaranya tiga Platinum dan tiga penghargaan kategori Gold.

GKPM Expo dan Award 2012 sendiri berlangsung pada Kamis – Minggu, 27 – 30 September 2012 di Jakarta Convention Centre. Sedangkan penyerahan penghargaan atau Award dilangsungkan pada Jumat malam, 28 September 2012.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini peserta GKPM Expo dari sektor energi dan pertambangan hanya lima perusahaan. Yakni PT Badak NGL, PT Freeport Indonesia, PT Indo Tambangraya Megah Tbk, PT Adaro Indonesia, dan PT Kideco Jaya Agung.

Ratusan peserta dalam even yang diprakarsasi Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat ini, unjuk kebolehan terkait berbagai program pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukannya, dalam ajang GKPM Expo. Bukan hanya produk, tak sedikit perusahaan yang mengajak serta anggota masyarakat binaannya, hadir menampilkan berbagai karya hasil pemberdayaan.

Seperti Adaro yang mengajak serta masyarakat binaan dari lingkar tambangnya di Tanjung, Tabalong, Kalimantan Selatan. Tahun ini, beberapa program unggulan yang ditampilkan Adaro diantaranya “Kampung Ternak”, “Wanita Tani”, dan “Daur Ulang Sampah Plastik di Rumah Belajar”.

Tak ketinggalan Program Pengembangan Fasilitas Akses Air Bersih, yang tiap tahun menjadi andalan produsen batubarta terbesar di Indonesia ini. Juga program karet unggul, peningkatan kesehatan bayi dan balita, serta Lembaga Keuangan Mikro Banua Bauntung.

Dari berbagai program pemberdayaan yang ditampilkan itu, Adaro mendapatkan tiga Platinum untuk kebun karet unggul, kampung ternak, dan Lembaga Keuangan Mikro Banua Bauntung. Sedangkan tiga Gold diraih untuk pengembangan akses air bersih, daur ulang sampah plastik di rumah belajar, serta program peningkatan kesehatan bayi dan balita. Lalu program Wanita Tani mendapat Silver.

Selain itu, dua karyawan Adaro juga mendapatkan penghargaan dalam GKPM Award 2012. Yakni Head of CSR Adaro, Abdurrahman yang mendapatkan penghargaan Comdev (Community Development) tingkat manajemen, dan Supiani mendapatkan penghargaan Comdev Officer Lapangan. Total sembilan penghargaan yang diperoleh Adaro dalam GKPM Award tahun ini.

Dalam pelaksanaan GKPM Award dan Expo ini, Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Kementerian Pariwisata, Kementerian Pekerjaan Umum, dan Kementerian Pertanian. Tujuannya adalah mendorong pelaku usaha untuk terus meningkatkan perannya dalam pencapaian Millenium Development Goals (MDGs). (Abraham Lagaligo / abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)