Dunia Energi Logo Sabtu, 18 November 2017

Genjot Pemasaran Pertamax, Pertamina Akan Bangun Lagi 100 SPBU

JAKARTA – Tahun ini PT Pertamina (Persero) akan memperluas pemasaran pertamax dan pertamax plus. Sesuai target, di 2013 Pertamina akan menambah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk dua jenis bahan bakar minyak (BBM) non subsidi itu, dengan total penambahan mencapai 100 unit.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir menyatakan, ke depan akan ada 4.711 SPBU yang menjual pertamax dan pertamax plus. Sementara itu, pelayanan bahan bakar minyak (BBM) jenis solar masih akan terus ditingkatkan sesuai permintaan.

Penyediaan pertamax dan pertamax plus, dijelaskan Ali, dilakukan secara bertahap. Pasalnya, total penggunaan BBM nonsubsidi hanya tiga persen dari total kuota subsidi tahun ini sebesar 46 juta kiloliter (kl).

Ali memaparkan, pada tahun ini Pertamina memiliki target total SPBU pertamax dan BBM bersubsidi (premium) sebanyak 5.100. “Lebih dari 97 persen kendaraan bermotor saat ini masih menggunakan premium,” jelasnya, Selasa, 14 Januari 2013, di Jakarta.

Saat ini jumlah SPBU yang telah ada sebanyak 5.020. Pertamina memiliki beban pendistribusian BBM subsidi sebanyak 45.01 juta kiloliter, 97,8 persen dari total kuota BBM bersubsidi 2013.

(FWP / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)