Dunia Energi Logo Senin, 23 Oktober 2017

Gandeng Sharlu, Pertamina Bidik Pasar Pelumas Marine Uni Emirat Arab

Lube Oil Blending Plant milik Sharlu di Fujairah.

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) bekerjasama dengan Sharjah National Lube Oil Company Ltd (Sharlu) untuk memproduksi dan memasarkan Pelumas Meditran Series di “Lube Oil Blending Plant Fujairah” Uni Emirat Arab, dengan target konsumen kapal-kapal pengangkut minyak.

VP Corporate Communication Pertamina, Ali Mundakir mengungkapkan, kerjasama antara Pertamina dan Sharlu tidak terbatas pada produksi Pelumas Meditran series. Tetapi juga untuk pengangkutan dan pengiriman hingga ke konsumen. Fujairah merupakan tempat pengisian bahan bakar kapal.

“Produksi dan pemasaran pelumas Pertamina di Fujairah, merupakan solusi pemenuhan kebutuhan konsumen marine, baik kapal-kapal pengangkut minyak Pertamina maupun non Pertamina di Fujairah dan sekitarnya,” tutur Ali Mundakir di Jakarta, Ahad, 3 Februari 2013.

Ia membenarkan, pada Kamis, 31 Januari 2013 telah terjadi pembelian pertama pelumas marine Pertamina di Fujairah, oleh kapal VLCC MT Arenza. Bulan berikutnya, kata Ali, kapal Dewi Maeswara juga berencana membeli pelumas marine Pertamina di Fujairah.

“Selama ini VLCC Arenza dan MT Dewi Maeswara yang mengangkut minyak mentah dari Rastanura – Saudi Arabia ke kilang RU IV Cilacap menggunakan pelumas non Pertamina, mulai saat ini akan menggunakan Pelumas Pertamina,” ujar Ali Mundakir.

Produksi Pelumas di Fujairah, Uni Emirat Arab merupakan yang kedua setelah Singapura. Sejak akhir 2011, Pertamina Lubricants juga memasok pelumas bagi kapal-kapal yang singgah di pelabuhan Singapura, baik kapal Pertamina maupun non Pertamina.

Strategi maklon ini akan dilakukan di beberapa negara lain untuk mempercepat pertumbuhan bisnis Pelumas Pertamina di luar negeri. Bisnis Pelumas marine, akan menambah kemampuan Pertamina untuk mengembangkan bisnis Pelumas, dengan membangun marine network sesama distributor yang telah ada di sejumlah negara.

(Abraham Lagaligo/abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)