Dunia Energi Logo Jumat, 17 November 2017

Gandeng AKR, BP Kembangkan Bisnis Ritel BBM dan Pelumas

JAKARTA – BP, perusahaan energi dunia menggandeng PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) mengembangkan bisnis ritel bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia. Kedua perusahaan membentuk perusahaan patungan, BP AKR Fuels Retail dan menargetkan membuka unit ritel pertama pada 2018.

Kesepakatan pembentukan perusahaan patungan antara AKR dan BP ditandatangani di London, Rabu (5/6).

“Indonesia menawarkan peluang luar biasa untuk distribusi ritel bensin dan produk BBM lainnya seiring adanya peningkatan permintaan dan deregulasi sektor ini,” ujar Haryanto Adikoesoemo, Presiden Direktur AKR Corporindo.

Dia menambahkan melalui kemitraan dengan AKR untuk mengembangkan jaringan ritel, BP dapat memanfaatkan infrastruktur AKR di Indonesia dan rekam jejak perseroan di bisnis bahan bakar.

“Penawaran produk dan pelayanan kelas dunia yang ditawarkan dari joint venture AKR dan BP akan membawa nilai untuk konsumen di Indonesia,” kata Haryanto dalam keterangan tertulisnya.

Tufan Erginbilgic, Chief Executive Officer BP Downstream, mengatakan strategi ritel BP difokuskan pada pemberian layanan logistik yang tangguh dengan penawaran yang berbeda dalam menyalurkan bahan bakar dan pelumas berkualitas tinggi. Serta memberikan kenyamana konsumen di pasar dunia yang sedang berkembang.

“Kami sangat senang bekerja sama dengan AKR untuk membantu memenuhi permintaan bahan bakar di Indonesia yang semakin berkembang,” kata Erginbilgic.

Di Indonesia, saat ini BP mengoperasikan proyek liquefied natural gas (LNG) Tangguh di Papua Barat. Selain itu, BP juga terlibat dalam produksi lapisan batu bara metana dan pabrik petrokimia melalui BP Petrochemical Indonesia serta memasarkan pelumas Castrol.(AT)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)