Dunia Energi Logo Rabu, 22 November 2017

Dibangun PLTU Sewa 2 x 33 MW di Lombok Barat

PLTU

Pembangkit listrik tenaga uap/batubara (PLTU). (ilustrasi)

JAKARTA – Dalam upaya untuk terus meningkatkan kapasitas pasokan listrik di wilayah Lombok, hari ini, Kamis. 27 September 2012, PT PLN (Persero) menandatangani Kontrak Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Sewa Lombok 2 x 33 Megawatt (MW) dengan Joint Operation PT Poeser Indonesia – Shandong Machinery & Equipment I/E Group Corporation.

Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN, Bambang Dwiyanto mengatakan, PLTU ini akan dibangun oleh perusahan joint operation tersebut di Desa Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Penandatanganan kontrak PLTU Sewa Lombok 2 x 33 MW ini dilakukan oleh Direktur Utama PLN Nur Pamudji bersama Joint Operation Leader PT Poeser Indonesia – Shandong Machinery & Equipment I/E Group Corporation, Bima H. Sumawijaya.

Bambang menjelaskan, pengadaan proyek ini dilakukan melalui proses pelelangan. Proyek ini akan dibangun dengan jaminan pelaksanaan dari Indonesian Exim Bank sebesar USD 1.046.804,00. Sedangkan sumber pendanaan proyek ini berasal dari Anggaran PLN (APLN).

PLTU Sewa Lombok ini nantinya akan mensuplai energi listrik ke Sistem Lombok dan dijadwalkan akan mulai beroperasi komersial (COD: Commercial Operation Date) 24 bulan untuk unit 1 dan 26 bulan untuk unit 2, terhitung sejak pelaksanaan konstruksi.

“Nilai kontrak atau sewa yang disepakati untuk PLTU 2 x 33 MW ini sebesar 5.3777 Cent USD/kWh, dengan lama sewa sembilan tahun,” pungkas Bambang. (Abdul Hamid/duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)