Dunia Energi Logo Kamis, 23 November 2017

Depot LPG Teluk Kabung Diresmikan

PADANG – PT Pertamina (Persero) meresmikan Depot LPG Teluk Kabung, Bungus, Padang, Sumatera Barat pada Senin (2/10). Infrastruktur ini diyakini akan meningkatkan kehandalan pasok LPG untuk wilayah Sumatera Barat.

Depot LPG Teluk Kabung yang telah melakukan uji operasi sejak 23 Agustus 2015 tersebut berfungsi mensuplai LPG di Sumatera Barat. “Sebelum adanya Depot LPG Teluk Kabung ini, LPG di Sumatera Barat disuplai dari Dumai, Riau,” ujar Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang, seperti dikutip laman perseroan, Selasa.
 
Ia mengemukakan bahwa dengan adanya Depot LPG ini, maka suplai LPG ke Sumatera Barat menjadi lebih dekat sehingga lebih menjamin pasokan LPG di Sumatera Barat. “Apalagi konversi LPG 3 kg sudah hampir 100% di Sumatera Barat. Keberadaan depot ini sangat menunjang program pemerintah tersebut,” ungkapnya.

Ahmad melanjutkan bahwa distribusi harian LPG 3 kg di Sumatera Barat saat ini sekitar 60 ribu tabung melalui 83 agen dan 2074 pangkalan. Sementara distribusi LPG non-subsidi di Sumatera Barat disalurkan kepada 20 agen.

Menurut dia, dengan beroperasinya Depot LPG Teluk Kabung maka waktu tempuh menjadi lebih singkat dari pengiriman dua hari sekali menjadi sehari sekali.

Depot LPG Teluk Kabung menerima suplai dari STS Teluk Semangka dan mensuplai ke 5 Stasiun Pengisian dan Pengangkutan Bulk Elpiji (SPPBE) LPG 3 kg dan 2 SPPBE LPG non-subsidi (12 kg dan 50 kg). Adapun operasi depot ini akan dikelola oleh PT Patra Niaga yang menjadi mitra PT Pertamina (Persero).(LH)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)