Dunia Energi Logo Kamis, 21 September 2017

Bulan Depan Dexlite akan Didistribusikan di Seluruh Pulau Jawa

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) resmi meluncurkan produk bahan bakar minyak (BBM) jenis solar terbaru, Dexlite. Pada tahap awal sekaligus uji pasar, Dexlite akan didistribusikan melalui 33 SPBU di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran Pertamina, mengatakan Dexlite diluncurkan serentak di 33 SPBU, masing-masing 6 SPBU di Bekasi, Tangerang, Depok dan Bogor. Sisanya, didistribusikan di SPBU di Jakarta.

“Pada bulan depan Dexlite akan didistribusikan ke seluruh Jawa dan Juni bisa sampai Sumatera Utara dan Kalimantan,” kata dia saat peluncuran Dexlite di SPBU Lenteng Agung, Jumat (15/4).

Meskipun target awal Dexlite yang dibanderol Rp6.750 per liter itu  diperuntukan untuk pengguna mobil diesel pribadi, namun tidak menutup kemungkinan keberadaan Dexlite bisa melahirkan pasar baru dari kalangan pengguna kendaraan berat.

“Dengan harga terjangkau dan kualitas yang diatas solar biasa, penggunanya tidak hanya pribadi tapi kendaraan berat atau industri,” kata Ahmad.

Dwi Soetjipto, Direktur Utama Pertamina, mengatakan peluncuran Dexlite merupakan upaya Pertamina menyediakan varian BBM dengan kualitas yang lebih baik bagi konsumen dengan harga terjangkau.

“Dexlite yang merupakan sebuah karya baru kita berharap akan bermanfaat. Dexlite merupakan produk dengan kualitas Dex harga lite,” katanya.

Berdasarkan perhitungan kasar dengan cetane number solar yang sebesar 48, kemudian Pertadex sebesar 53, maka Dexlite dengan cetane number 51 seharusnya dibanderol Rp 7.100 per liter. Namun Pertamina membanderol dengan harga Rp6.750 per liter.(RI)

 

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)