Dunia Energi Logo Jumat, 22 September 2017

Antam Sumbang 3 Genset Untuk Listrik Warga Halmahera Timur

Gerbang masuk ke site pertambangan Antam.

Gerbang masuk ke site pertambangan Antam.

HALMAHERA TIMUR – Bulan Ramadan saatnya berbagi, agar bersama-sama meraih kemenangan di hari yang Fitri. Ini pula tampaknya yang ingin diwujudkan PT Aneka Tambang (Antam) Tbk terhadap masyarakat di wilayah operasi pertambangannya, di Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara. Di daerah itu, Antam menyumbangkan tiga unit genset guna memenuhi kebutuhan listrik warga.  

Penyerahan genset secara simbolis dilakukan oleh Direktur Umum & Corporate Social Responsibility (CSR) Antam, I Made Surata kepada Wakil Bupati Halmahera Timur, Muhdin, pada Selasa, 30 Juli 2013. Genset tersebut dipasang di Kota Maba dan Kecamatan Maba sebagai wilayah yang masih sangat terbatas ketersediaan aliran listriknya.

Genset yang disumbangkan adalah 1 (satu) unit genset berkapasitas 1500 kVa dan 2 (dua) unit berkapasitas 810 kVa, lengkap beserta peralatan yang dibutuhkan. Total nilai bantuan genset tersebut sebesar Rp11 Miliar.

“Sebelumnya masyarakat di Kecamatan Maba dan Kota Maba hanya menikmati listrik pada malam hari dan jumlah sangat terbatas. Dengan bantuan ini diharapkan dapat memberikan dampak terhadap pertumbuhan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kegiatan perekonomian, pendidikan dan kesehatan masyarakat, serta dapat menikmati listrik siang maupun malam hari,” kata Made Surata.

Ia menambahkan, kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) bagi  masyarakat di sekitar wilayah operasi penambangan nikel milik Antam di Halmahera Timur, Maluku Utara. Juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk menyediakan kebutuhan listrik di daerah-daerah terpencil. “Selanjutnya pengelolaan genset akan dilakukan oleh PT PLN,” tandas Made.

(Iksan Tejo / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)