Dunia Energi Logo Sabtu, 18 November 2017

Antam Kembangkan Sentra Buah-buahan di Kabupaten Bogor

BOGOR – PT Aneka Tambang (Antam) Tbk mencanangkan program sentra buah-buahan di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Pencanangan ini ditandai seremoni penanaman oleh Direktur Umum & CSR Antam, Denny Maulasa bersama dengan Bupati Bogor, Rachmat Yasin pada Rabu,15 Januari 2013.

Program Pengembangan Sentra Buah-buahan ini merupakan bagian dari pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) Antam untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, sekaligus pelestarian alam di sekitar lokasi tambang emas Antam di Pongkor, Bogor, Jawa Barat.

Corporate Secretary Antam, Tedy Badrujaman mengatakan, pada tahap awal program di 2012, Antam telah menanam 25.000 pohon buah-buahan yang dilaksanakan di tiga desa. Yaitu Desa Malasari, Desa Cisarua, dan Desa Bantar Karet, di Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Dalam program ini Antam bekerjasama dengan Lembaga Manajemen (LM) Quantum yang memiliki keahlian dalam bidang pengembangan masyarakat dan budidaya tanaman buah-buahan.

LM Quantum akan melakukan pendampingan kepada masyarakat, serta melakukan sosialisasi cara penanaman dan pemeliharaan, juga pelatihan budidaya tanaman untuk dapat dikembangbiakkan.

Jenis tanaman buah-buahan yang ditanam antara lain Manggis (Garcinia mangostana), Alpukat (Persea Americana), Jambu Kristal (Psidium guajava) dan Jambu Bol (Syzygium malaccense). Jenis buah-buahan tersebut diseleksi sesuai dengan kondisi lingkungan wilayah Kecamatan Nanggung.

“Kedepannya jumlah tanaman dan lokasi penanaman akan ditambah serta memperbanyak keterlibatan masyarakat,” ujar Tedy.

(Abraham Lagaligo / abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)