Dunia Energi Logo Kamis, 23 November 2017

Annual Pertamina Quality Awards 2013 Ciptakan Nilai Rp 2,17 Triliun

Kantor Pusat Pertamina.

Kantor Pusat Pertamina.

JAKARTA – Empat tahun pelaksanaan Annual Pertamina Quality Awards sejak 2010 hingga 2013 terus mengalami peningkatan penciptaan nilai tambah bagi perusahaan. Penyelenggaraan terakhir tahun ini penciptaan nilai (value creation) yang dihasilkan mencapai Rp2,17 triliun.

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Karen Agustiawan mengatakan Annual Pertamina Quality Awards diharapkan dapat melahirkan inovasi-inovasi dan peluang bisnis baru yang memberikan dampak nyata dalam waktu singkat (quick yield) bagi pertumbuhan Pertamina sebagai perusahaan energi.

Karen menilai dalam empat tahun penyelenggaraan APQ Awards, insan mutu Pertamina telah menunjukkan bukti nyata dengan terus meningkatnya penciptaan nilai tambah bagi perusahaan melalui program-program inovatif yang dihasilkan.

Menurutnya, tujuan dari pelaksanaan APQ Awards ini agar para insan mutu Pertamina dapat menciptakan inovasi-inovasi yang memberikan nilai tambah bagi perusahaan, baik berupa peluang bisnis baru maupun penghematan biaya secara optimal yang dapat mendukung upaya perusahaan mencapai aspirasi 2025.

“Optimalisasi pencapaian value creation itu akan dapat dilakukan apabila semangat keingintahuan dan kesungguhan dalam menjalankan program perbaikan berkelanjutan terus tertanam kuat dan menjadi budaya pada setiap insan mutu Pertamina,” terang Karen dalam penutupan APQ Awards 2013 yang dihadiri Menteri BUMN Dahlan Iskan, Rabu (30/10).

Ia menambahkan, APQ Award secara berkelanjutan terus menghasilkan penciptaan nilai yang signifikan bagi perusahaan. Pada 2010, APQ Award menghasilkan penciptaan nilai sebesar Rp986 miliar bagi Pertamina. Berlanjut di tahun berikutnya dengan menciptakan nilai bagi perusahaan sebesar Rp1,29 triliun dan pada 2012 insan mutu Pertamina memberikan penciptaan nilai sebesar Rp1,85 triliun.

Dalam APQ Awards 2013 yang mengusung tema ‘Menjadikan Insan Mutu sebagai Pemegang Peran Strategis dalam Pencapaian Aspirasi Pertamina 2025’ penciptaan nilai bagi perusahaan meningkat menjadi Rp2,17 triliun.

“Pencapaian ini tentu saja membanggakan dan lebih membanggakan lagi setelah melihat semakin tingginya keterlibatan generasi muda dalam ajang APQ Awards 2013 kali ini. Bahkan, dari 22 inovasi yang dipamerkan dalam APQ Awards kali ini, 90% di antaranya adalah kreasi generasi muda,” ungkap Karen.

APQ Awards 2013 melibatkan insan Pertamina dari seluruh sentra operasi/produksi perusahaan. Terdapat 117 gugus/kelompok CIP terbaik dari Unit Operasi/Bisnis/Region dan Anak Perusahaan yang terdiri dari 39 Proyek Kendali Mutu (PKM), 45 Gugus Kendali Mutu (GKM) dan 33 Sistem Saran (SS) yang mempresentasikan karya terbaiknya selama ajang APQ Award 2013.

“Untuk itu segenap insan Pertamina tidak boleh lelah dalam memberikan kontribusi terbaik bagi perusahaan agar mampu terus berinovasi, berkreasi, dan menciptakan peluang perbaikan demi terwujudnya peningkatan kinerja perusahaan secara berkelanjutan,” tandas Karen.

(Abdul Hamid / duniaenergi@yahoo.co.id)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)