Dunia Energi Logo Sabtu, 18 November 2017

Akuisisi Barbados, MedcoEnergi Perkuat Bisnis di Tunisia

JAKARTA- PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi ), aktif kembali berbisnis migas di Tunisia setelah mengakuisisi 100% saham Storm Ventures International (Barbados) Ltd. (“SVI”) dengan Storm Ventures International (BVI) Ltd. Melalui anak usahanya, Medco Tunisia Petroleum Limited, baru-baru ini MedcoEnergi membeli saham Barbados sebesar AS$ 114,03 juta . Harga in I belum termasuk modal kerja yang akan dikeluarkan MedcoEnergi
Storm Ventures International (BVI) Ltd. adalah anak perusahaan Chinook Energy, Inc. yang terdaftar di Bursa Saham Toronto. SVI (bersama-sama dengan anak perusahaannya) merupakan salah satu perusahaan eksplorasi dan produksi yang aktif, dengan kepemilikan hak partisipasi di delapan wilayah kerja E&P di Tunisia.
Di Tunisia, SVI memiliki empat blok eksplorasi, dua blok pengembangan dan dua blok produksi dengan masa kontrak 30 atau 50 tahun. Dari delapan wilayah kerja ini, lima berlokasi di darat dan tiga di lepas pantai. Semua blok SVI ini berada di area hidrokarbon yang produktif. Lima blok di darat (Adam, Sud Remada, Bir Ben Tartar, Jenein dan Borj El Khadra) terletak di Cekungan Ghadames (cekungan yang sama dengan blok Perseroan di Area 47 Libya, dengan temuan minyak dan gas yang besar dan tingkat keberhasilan eksplorasi 90%), sementara tiga blok lepas pantai lainnya (Cosmos, Hammamet dan Yasmin) terletak di Cekungan Pelagian, di lepas pantai timur laut Tunisia.
Akusisi ini akan diselesaikan setelah mendapatkan persetujuan Pemerintah Tunisia dan beberapa mitra kerja di blok-blok tersebut. Setelah akuisisi selesai dilaksanakan, MedcoEnergi akan menambah cadangan Migas 2P dan produksi minyak dan gas sebanyak masing-masing 12,3 MMBOE dan 2.800 BOEPD. Tingkat produksi saat ini diperkirakan akan bisa dinaikan hingga 16.000 BOEPD melalui pengeboran sumur in-fill di blok produksi (Bir Ben Tartar) dan pengembangan blok Cosmos dan Yasmin yang dijadwalkan selesai pada 2018 dan bisa menambah cadangan 2P Migas sebesar 12,6 MMBOE.

Lukman Mahfoedz, Direktur Utama MedcoEnergi, akuisisi akan memperkuat dan memperluas keberadaan Perseroan, terutama di kawasan MENA. Selain itu, akuisisi ini juga akan mendukung perkembangan Perseroan melalui pengembangan proyek-proyek Migas yang baru. “Kami baru saja bertemu dengan Pemerintah Tunisia dan mereka memberikan dukungan kuat dan menyambut kami kembali ke Tunisia untuk mencari peluang bisnis minyak dan gas lainnya, “ ujar Lukman (AH/dunia-energi@yahoo.co.id

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)