Dunia Energi Logo Sabtu, 18 November 2017

AKR akan Pasarkan BBM RON 92 pada 2016

JAKARTA – PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), emiten emiten penyedia solusi supply chain terintegrasi, distributor BBM dan bahan kimia dasar, akan mulai memasarkan produk bahan bakar minyak (BBM) jenis RON 92 secara retail pada 2016. Haryanto Adikoesoema,Presiden Direktur AKR Corporindo, mengatakan perseroan telah mulai menguji coba pemasaran BBM RON 92 dalam beberapa bulan terakhir.

“Kita akan efektif memasarkan secara komersial pada tahun depan,” kata Haryanto disela-sela acara Investor Summit 2015 di Jakarta, Kamis.

Selain memasarkan BBM RON 92, AKR pada tahun depan masih tetap akan medistribusikan solar bersubsidi bersama dengan PT Pertamina (Persero).

Menurut Haryanto, pada tahun ini alokasi pendistribusian dari Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sebesar 645 ribu KL diperkirakan tidak akan tercapai seiring dengan kondisi perekonomian yang melemah.

“Hingga akhir tahun ini kami perkirakan tidak akan tercapai, turun dibanding tahun lalu. Pada tahun depan kemungkinan akan naik lagi,” ungkap dia.

Haryanto sebelumnya mengatakan kebijakan pemerintah yang menghapus subsidi BBM, kecuali solar merupakan potensi besar bagi perseroan, khususnya untuk memenuhi kebutuhan di sektor industri. Untuk sektor ritel, AKR melihat peluang yang besar mengingkat rendahnya rasio jumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Indonesia dibanding jumlah penduduk. Hingga September 2015, perseroan berencana menambah 129 unit SPBU dan SPBN.

Pendapatan AKR dari segmen usaha perdagangan dan distribusi BBM merupakan kontributor utama pendapatan perseroan atau lebih dari 70% dari pendapatan hingga sembilan bulan 2015 yang mencapai Rp 15 triliun. Sisanya,  berasal dari segmen usaha pabrikan, jasa logistik dan perdagangan dan pertambangan batu bara. (AT)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)