Dunia Energi Logo Kamis, 23 November 2017

Akhir Maret, Pemerintah Tetapkan Harga BBM Baru

JAKARTA – Pemerintah tetap konsisten menetapkan harga Premium dan Solar setiap tiga bulan sekali. Berdasarkan perhitungan tersebut, maka pada akhir Maret 2016 akan dilakukan evaluasi perkembangan harga BBM serta penetapan harga BBM yang baru.

“Akhir bulan nanti kita akan mengeluarkan harga baru jenis Premium dan Solar,” kata Menteri ESDM Sudirman Said, akhir pekan.

Penetapan evaluasi harga BBM setiap tiga bulan, papar dia, telah melalui proses yang panjang. Sebelumnya ada yang mengusulkan setahun sekali, enam bulan sekali dan bahkan satu bulan sekali. Namun, untuk menjaga stabilitas ekonomi serta mempermudah pengusaha dan perusahaan membuat perencanaan, pemerintah menetapkan evaluasi harga BBM dilakukan tiap tiga bulan. “Kita tidak ingin naik turun lebih sering, karena kasihan pengusahanya nanti,” tambahnya.

Mengenai harga BBM yang dijual lebih tinggi dari harga pasar, Sudirman mengatakan, pemerintah akan melihat catatan PT Pertamina (Persero). “Dulu ingat tidak waktu Pertamina menjual lebih rendah di bawah harga ekonomi? Itu ada selisih negatif. Nanti kalau harganya tinggi sedikit, akan dikompensasi. Yang penting Pertamina mencatat plus minusnya dan kita akan tetap review tiga bulan sekali,” tutup Sudirman.(LH)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)