Dunia Energi Logo Minggu, 22 Oktober 2017

AJP 2012 Mengambil Tema 55 Tahun Pertamina Sobat Bumi

JAKARTA – Dalam rangka mempromosikan pentingnya energi bersih bagi Indonesia, even tahunan Anugerah Jurnalistik Pertamina (AJP) tahun ini kembali digelar, dengan mengambil tema “55 Tahun Pertamina Sobat Bumi”.

Seperti dikutip dari situs resmi PT Pertamina (Persero) pada Jumat, 21 September 2012, lomba karya jurnalistik ini digelar setiap tahun sebagai apresiasi atas peran jurnalisme Indonesia, dalam mendorong kemajuan sektor energi di Indonesia.

Untuk AJP 2012, karya jurnalistik yang dapat diikutsertakan dalam lomba, ialah feature yang mengangkat topik seputar minyak bumi, gas, panas bumi, atau energi terbarukan. Baik untuk kategori media cetak, online, televisi, radio, dan foto jurnalistik.

Peserta dalam AJP 2012 adalah wartawan maupun fotografer media cetak atau online, serta wartawan televisi dan radio. Karya yang diikutsertakan dapat berupa karya perorangan atau kelompok.

Peserta kelompok media cetak adalah penulis perorangan dan khusus untuk majalah dapat berkelompok. Peserta kelompok media elektronik merupakan perorangan maupun kelompok. Peserta untuk foto adalah karya perorangan.

Karya yang diikutsertakan dalam AJP 2012 harus memenuhi syarat diantaranya karya asli bukan saduran, bukan terjemahan atau rangkuman. Karya mengangkat topik bidang energi yang meliputi minyak, gas, panas bumi, penggunaan produk minyak, gas, dan energi alternative, penggunaan energi hijau dan berbagai aspek terkait energi dan kelestariannya, termasuk aspek ekonomi, bisnis, politik maupun sosial budaya.

Karya ditulis menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris yang baik dan benar serta mengikuti kaidah dan etika jurnalistik, serta sudah dimuat di media massa di Indonesia dalam periode 15 Maret 2011 – 31 Oktober 2012.

Karya cetak yang dikumpulkan adalah hasil kliping dari berita dan dalam soft copy dalam format .doc. Sedangkan karya kategori televisi dan radio dikirimkan dalam bentuk compact disc rekaman berita. Dan karya berita online dikirimkan dalam bentuk kliping hasil print halaman berita (menyertakan alamat URL) dan soft copy kliping berita.

Untuk karya kategori foto jurnalistik dicetak di kertas foto ukuran 10R. Di balik foto ditulis judul foto, lokasi pemotretan dan keterangan singkat foto). Peserta juga diwajibkan melampirkan soft copy dalam bentuk CD (maksimal 1,5 – 3 MB per foto).

Untuk foto, editing diperkenankan hanya sebatas warna, kontras, dodging, burning dan cropping. Persyaratan lainnya, ialah mengisi formulir pendaftaran yang dapat diunduh di http://www.pertamina.com/index.php/detail/read/pertamina-event .

Untuk AJP tahun ini, Pertamina menyediakan hadiah berupa uang tunai, dan Grandprize kursus jurnalistik di Inggris. Karya dianggap sah ikut serta dalam lomba, jika dikirimkan sebelum 2 November 2012 pukul 16.00 WIB ke alamat Panitia Anugerah Jurnalistik Pertamina 2012, Kantor Pusat PT Pertamina (Persero), Divisi Komunikasi, Jl. Medan Merdeka Timur No.1A, Gedung Perwira 6 Jakarta Pusat 10110 atau Email: pcc@pertamina.com. (Abraham Lagaligo/abrahamlagaligo@gmail.com)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)