Dunia Energi Logo Jumat, 24 November 2017

ADRO Bagikan Dividen US $75,17 Juta

JAKARTA– PT Adaro Energy Tbk (Adaro), yang dalam perdagangan di lantai bursa diSEBUT dengan ADRO menyelenggarakan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) di Hotel dan Convention Center JS Luwansa, Jakarta pada 25 April 2014. Pada RUPS tersebut pemegang saham menyetujui pembagian dividen tunai final sebesar AS$75,17 juta atau 32,15% dari laba bersih tahun 2013.
Selama 2013 Perusahaan berhasil meningkatkan produksi tahunan sebesar 11% menjadi 52,3 juta ton . Juga dapat memenuhi target EBITDA sebesar AS$750 juta sampai dengan AS$900 juta dengan realisasi EBITDA sebesar AS$822 juta dan operasional EBITDA sebesar AS$860 juta serta margin EBITDA sebesar 25%. “Selain itu, struktur permodalan kami tetap sehat dengan rasio utang bersih terhadap EBITDA sebesar 1,87 kali dan akses terhadap likuditas mencapai AS$1,11 milyar, “ ujar Presiden Direktur Adaro, Garibaldi Thohir.
Ia menyebutkan hasil yang dicapai Adaro pada tahun 2013 membuktikan kemampuan Adaro dalam kondisi apapun dapat mencapai hasil yang diharapkan. Walaupun menghadapi siklus yang menurun Adaro tetap terus menciptakan nilai jangka panjang yang maksimum dari batubara Indonesia. Sejak IPO di tahun 2008 sampai dengan saat ini, menurut Garibaldi, Adaro selalu melakukan pembayaran dividen kepada para pemegang saham. “Selain itu kami juga memberikan kontribusi untuk mendukung pembangunan negara dalam bentuk beban pajak penghasilan sebesar AS$190 juta dan beban royalti sebesar AS$348 juta. “ujarnya
Garibaldi mengatakan Adaro akan tetap fokus melaksanakan rencana-rencana dan peningkatan nilai aset untuk masa depan yang diyakini akan cerah. “ Kami akan terus mendukung pembangunan Indonesia dengan penciptaan lapangan kerja, memenuhi seluruh kewajiban dan mengobarkan energi yang positif bagi para pemangku kepentingan.”

RUPST juga telah menyetujui penunjukan  Siswanto Prawiroatmodjo menjadi Direktur Adaro u sampai dengan April 2016.  Siswanto  59 tahun memperoleh gelar Insinyur Teknik Mesin dari Institut Teknologi 10 November, Surabaya dan gelar MBA dari University of Southern California, USA. Saat ini beliau menjabat sebagai Komisaris PT Astra Otoparts Tbk sejak tahun 2013 setelah sebelumnya menjabat sebagai Presiden Direktur sejak tahun 2009. Beliau juga pernah menjabat sebagai Wakil Eksekutif Presiden Direktur PT Honda Motor dari tahun 2007 sampai dengan 2009.

 

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)