Dunia Energi Logo Rabu, 20 September 2017

Pertamina Siapkan SDM Berkualitas Hadapi Kompetisi Global 

JAKARTA – PT Pertamina (Persero), sebagai perusahaan energi terintegrasi yang melakukan bisnis tidak hanya di dalam, tapidi luar negeri, memiliki pengalaman luas dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang dibutuhkan saat ini dan di masa mendatang. Ibrahim Hasyim, Komisioner Badan Pengatur Penyediaan dan Pendistribusian Bahan Bakar Minyak dan Kegiatan Usaha Pengangkutan Gas Bumi Melalui Pipa (BPH Migas), mengatakan keberadaan Universitas Pertamina merupakan salah satu bentuk tanggungjawab sosial Pertamina.

 

“Sebagai korporasi yang berkecimpung di dalam dan luar negeri, Pertamina sangat tahu yang diperlukan industri saat ini dan ke depan, termasuk dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Pertamina tentu akan memanfaatkan sebagian lulusan untuk keperluannya sendiri dan selebihnya disalurkan ke pasar tenagakerja nasional dan internasional,” kata Ibrahim di Jakarta,  Selasa (3/5).

Menurut Ibrahim yang juga Ketua Alumni Akademi Minyak dan Gas, sistem pendidikan yang  dibangun Universitas Pertamina sudah untuk menjawab permintaan industri secara standar internasional seperti penguasaan bahasa, ilmu pengetahuan, dan teknologi. Sekalipun baru berdiri, Pertamina mempunyai kemampuan besar untuk membangun, melalui sistem rekrutmen tenaga pengajar dantenaga manajemen pengelola yang berkaliber.

Ibrahim menambahkan banyak kemudahan dalam proses belajar di Universitas Pertamina, mudah untuk praktik, mudah membangun kerja sama dengan perguruan tinggi di dalam dan luar negeri, termasuk peluang kemudahan mendapatkan beasiswa dan kerja. “Nama Pertamina yang disandang  dan mendukungnya sudah erepresentasikan sebuah citra tentang kualitas Pertamina University,” tandas dia.

Ichsan Setya Putra, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UniversitasPertamina, mengatakan Universitas Pertamina berkeinginan menciptakan lulusanyang ahli dan andal untuk mengatasi persoalan energi. Lulusan akan dibekali dengan sejumlah kemampuan seperti learning skill, thinking skill, softskill, dan leadership skill yang diperlukan untuk menyelesaikanpermasalahan yang semakin kompleks dan menghadapi persaingan global. Karenaitu, proses seleksi mahasiswa baru dilakukan secara ketat.

Sebanyak1.368 peserta mengikuti ujian saringan masuk Universitas Pertamina pada 25April 2016 dan menyusul ujian gelombang kedua pada Juni mendatang. Peserta harus mengikuti tes potensi intelektual umum yang diselenggarakan oleh OverseasTraining Office Badan Pendidikan Nasional (OTOBAPENAS). Universitas Pertamina yang berlokasi di kawasan Simpruk, Jakarta Selatan tercatat memiliki enam fakultas dengan 15 program studi. Baik fakultas teknik maupun nonteknik semuanya difokuskan pada konteks pengembangan pengetahuan dan riset bidang bisnis dan teknologi energi. Universitas Pertamina pada tahunajaran pertama menerima sekitar 1.000 mahasiswa baru.

“Yang kami tawarkan adalah adanya hubungan yang sangat baik antara kampusdan dunia industri secara langsung. Bahkan bisa dibilang Universitas Pertaminaada universitas swasta untuk engineering terbaik karena terintegrasi dengan industri langsung dalam hal ini Pertamina,” ungkap Akhmaloka, Rektor Universitas Pertamina.

Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication Pertamina,mengatakan kehadiran Universitas Pertamina menunjukkan Pertamina berupaya bisamendorong SDM nasional bisa bersaing dengan di level global. “Kami punya kemampuan itu sehingga membuat kami yakin untuk membagi pengalaman di sisiteknis dan manajemen industri migas,” kata Wianda.(RA)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)