JAKARTA – PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), emiten minyak dan gas melalui anak usahanya, PT Medco E&P Malaka (MedcoEnergi) telah mencapai kesepakatan atas akuisisi kepemilikan hak partisipasi Japex Block A Ltd’s sebesar 16,6667% di Blok A Production Sharing Contract (PSC), Aceh. Penyelesaian transaksi ini menunggu persetujuan dari Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Aceh. Setelahnya, MedcoEnergi akan memiliki 58,3334% operating interest di blok tersebut.
“Akuisisi ini membuktikan posisi bisnis Medco Energi yang kuat di dalam negeri beserta komitmen untuk mengembangkan dan monetisasi sumber migas di Blok A dalam mendukung rencana pemerintah untuk membangun infrastruktur Aceh,” kata Roberto Lorato, Chief Executive Officer Medco Energi, dalam keterangan resminya, Senin (2/4).
Saat ini Medco Energi menguasai 41,6667% hak partisipasi sekaligus operator di Blok A. Sisanya dikuasai KrisEnergy 41,6666% dan Japex 16,6667%.

Medco Energi juga baru saja menetapkan kontrak Engineering Procurement and Construction (EPC) pengembangan proyek gas Blok A tahap 1 kepada konsorsium PT JGC Indonesia dan PT Encona Inti Industri (JEC). Gas pertama akan dialirkan pada kuartal pertama 2018. Sesuai Perjanjian Jual Beli Gas yang ditandatangani pada Januari 2015 dengan PT Pertamina (Persero), Medco Energi akan mengirimkan sebanyak 58 Billion British Thermal Units (BTU) per hari atau 198 Trillion BTU selama 13 tahun.(RA)