JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan ketersediaan pasokan energi Bahan Bakar Minyak (BBM) seperti premium dan solar, LPG dan listrik selama Ramadhan dan Idul Fitri 1437 H berada pada posisi aman, meski diperkirakan konsumsi BBM selain solar akan mengalami peningkatan.

Berdasarkan data sebelumnya, rata-rata konsumsi premium pada saat Idul Fitri akan meningkat sekitar 12% dibanding konsumsi rata-rata harian, sedangkan konsumsi solar menurun sekitar 13%. Jika saat ini tercatat rata-rata konsumsi harian premium sekitar 70 juta liter maka dengan peningkatan 12% kebutuhan premium pada saat Idul Fitri diperkirakan mencapai 80-an juta liter, sedangkan konsumsi solar akan turun menjadi sekitar 28 juta liter.

“Ketersediaan stok BBM mencukupi kebutuhan selama Ramadhan dan Idul Fitri 2016. Stok rata-rata diatas 25 hari,” ujar Sudirman Said, Menteri ESDM usai menghadiri rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Selasa (26/4).

Pemerintah dan PT Pertamina (Persero) mengantisipasi agar tidak terjadi gangguan distribusi BBM dan gas antara lain dengan memastikan kelancaran penyaluran BBM dan LPG, meningkatkan pelayanan di SPBU dan bekerjasama dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan terkait langkah pengamanan terhadap pelaksanaan pendistribusian BBM dan LPG.

Untuk kondisi kelistrikan, perkiraan kondisi pasokan tenaga listrik selama periode lebaran 2016 (H-15 s.d H+15) pada sistem kelistrikan Jawa-Bali, Sumatera dan Indonesia Timur berada pada kondisi “pasokan cukup”. Berdasarkan pengalaman selama ini, beban puncak pada hari raya lebaran umumnya lebih rendah dibandingkan dengan beban puncak pada kondisi hari kerja  dikarenakan pada hari tersebut industri yang mengkonsumsi tenaga listrik yang sangat besar dan perkantoran libur.

“Pemanfaatan teknologi informasi dalam memantau situasi lapangan, dan mengendalikan pasokan energi secara nasional sangat membantu pengamanan pasokan energi baik berupa BBM, BBG, LPG maupun listrik,” ungkap Sudirman.(RA)