Dunia Energi Logo Rabu, 20 September 2017

Data Ekonomi AS Memburuk, Harga Emas Terangkat 0,84%

CHICAGO – Pelemahan pasar ekuitas Amerika Serikat di tengah data ekonomi yang lebih buruk dari perkiraan mengangkat harga emas berjangka di COMEX New York Mercantile Exchange pada Selasa (Rabu pagi WIB).Kontrak emas untuk pengiriman Juni naik US$10,3 atau 0,84% menjadi menjadi US$1.229,60 per ounce.

Analis mencatat ketika ekuitas membukukan kerugian maka logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman. Sebaliknya ketika ekuitas AS membukukan keuntungan, biasanya logam mulia menurun.

Laporan Departemen Perdagangan AS yang menunjukkan defisit perdagangan internasional selama Februari lebih buruk daripada yang diperkiraan menjadi negatif US$47,1 miliar ikut mendukung penguatan harga logam mulia. Sementara itu, sebuah laporan yang dirilis oleh Departemen Tenaga Kerja AS pada Selasa menunjukkan lowongan pekerjaan turun menjadi 5,445 juta, dibandingkan dengan angka revisi 5,604 juta selama Januari.

Namun, meski terjadi pelemahan, para analis mengatakan bahwa tingkat perekrutan pekerja meningkat sebesar 0,2 poin menjadi 3,8%, yang mengindikasikan tanda penguatan dalam ekonomi karena pekerja yang keluar kerja sebelumnya sekarang mencari pekerjaan dan lebih percaya mereka dapat menemukan pekerjaan.

Pelaku pasar juga sedang menunggu rilis pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) setelah penutupan pasar pada Rabu. Sejak pertemuan FOMC Maret, para pedagang yakin bahwa The Fed akan menaikkan suku bunga dari 0,50% ke 0,75% selama pertemuan FOMC pada Juni.(AT)

 

 

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)