Dunia Energi Logo Minggu, 17 Desember 2017

Pertamina Gelar Lomba Karya Kreatif dan Inovatif untuk Siswa SMA/SMK Sederajat Berhadiah Beasiswa

JAKARTA- PT Pertamina (Persero), badan usahamilik negara di sektor energi terintegrasi, menyelenggarakan lomba karyakreatif dan inovatif bagi siswa kelas 12 SMA/SMK dan sederajat bertema “Energi Muda Masa  Depan Bangsa” dengan hadiah berupa 15 beasiswa selama satu tahun kuliah di Univeritas Pertamina. Tiga jenis lomba yang diselenggarakan adalah lomba karya tulis ilmiah populer, lomba desaingrafis, dan lomba riset aplikasidigital untuk produk pelumas, distribusi produk LPG Pertamina, serta energi baru dan terbarukan. 

Wianda Pusponegoro, Vice President Corporate Communication Pertamina, mengatakan peserta yang mendaftar adalah siswa kelas 12 SMA/SMK dan sederajat dari dalam maupun luar negeri serta memilih salah satu kategori lomba. Karya yang didaftarkan merupakan karya perseorangan yang belum pernah diikutkan dalamlomba serupa. Masa registrasi dan pengiriman karya mulai 4 April sampai 29 Mei2016.  “Informasi lengkap mengenai subtema lomba, syarat, dan ketentuan dapat dilihat di website pertamina.com atau universitas pertamina.ac.id,” ujar Wianda di Jakarta, Selasa (5/4).

Menurut Wianda, penyelenggaraan lomba ini merupakan perwujudan komitmen Pertamina sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia untukmemberikan kontribusi nyata pada masyarakat, bangsa, negara, dan peradabanmelalui penyelenggaraan kegiatan pendidikan tinggi. Universitas Pertamina yang dalam pengelolaannya berada di bawah Pertamina Foundation diharapkan dapat menjadi sumbangsih Pertamina untuk pembangunan SDM nasional.

Universitas Pertamina menyediakan 15 program studi dan enam fakultas bagi mahasiswa baru program sarjana. Ke 15 program studi tersebut  antara lain program  studi terkait keteknikan dan program  sosial seperti ekonomi, manajemen, komunikasi, dan hubungan internasional. “Pendirian Universitas Pertamina adalah langkah awal bagi perusahaan untuk membangun insanmuda berenergi yang kompeten dan dapat bersaing secara global,” kata Wianda.

Rektor Universitas Pertamina Akhmaloka mengatakan kuota beasiswa di Universitas Pertamina mencapai 20% dari jumlah mahasiswa baru. Selain memberikan beasiswa melalui jalur ekonomi berdasarkan tingkat kemampuan ekonomi mahasiswa, Universitas Pertamina menyiapkan salah satu mekanisme untuk mendapatkan beasiswa melalui jalur prestasi, yakni dengan mengikuti lomba kreativitas yangterdiri atas karya tulis dan membuat animasi atau inovasi aplikasi digital.  “Pemenangnya akan mendapatkan hadiah pembebasan biaya kuliah dan dikategorikan sebagai beasiswa prestasi,” kata dia.

Akhmaloka  mengatakan Universitas Pertamina siap bersaing dengan perguruan tinggi lain di Tanah Air karena tidak sekadar mengandalkan nama besar Pertamina,  juga kualitas pendidikan yang menjanjikan lulusan bernilai plus.  Kapasitas dan pengalaman Pertamina sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia menjadi keunggulan tersendiri bagi setiap program studi yang diselenggarakan Universitas Pertamina. Mahasiswa tidak hanya akan mendapatkan fondasi akademik yang kuat di setiap program studi tapi juga akan mendapatkan transfer of knowledge yang sangat berharga dari tenaga-tenaga pengajar yang berpengalaman pada kegiatan pengelolaan energi. Apalagi, mahasiswa juga akanmendapatkan contoh konkret dari aktivitas kegiatan Pertamina di seluruhsektor.

“Dengan didukung berbagai fasilitas Pertamina, staf pengajar bisa melakukan riset danpraktik lapangan secara langsung. Keunggulan inilah yang ditawarkan kepadacalon mahasiswa Universitas Pertamina,” katanya.

Universitas Pertamina menempati lahan seluas 6,5 hektare di kawasan Simpruk, Jakarta Selatan dan diresmikan pada 11 Februari 2016. Universitas Pertamina akan menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2006/2017 pada Juli mendatang. Pendaftaran mahasiswa baru dimulai April ini.(AT)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)