Dunia Energi Logo Sabtu, 18 November 2017

Universitas Pertamina Target Terima hingga 1.050 Mahasiswa Baru

JAKARTA – Universitas Pertamina pada tahun pertama menargetkan menerima 750-1.050 mahasiswa baru yang berasal dari siswa lulusan SMA dan sederajat dari seluruh Indonesia.

“Nantinya para calon mahasiswa akan berasal dari seluruh Indonesia, tidak hanya dari DKI Jakarta. Ada sekitar 1.050 kursi yang diperebutkan,” kata Akhmaloka, Rektor Universitas Pertamina disela-sela Education Fair Universitas Pertamina di Jakarta, Minggu (20/3).

Untuk biaya kuliah, Universitas Pertamina mematok biaya Rp10 juta per semester. Dengan berbagai fasilitas yang dimiliki, biaya tersebut cukup kompetitif dibanding dengan perguruan tinggi sejenis.

Antusiasme terhadap kehadiran Universitas Pertamina terlihat pada tingginya animo siswa-siswi SMU yang mengikuti education fair. “Dalameducation fair kami selenggrakan try out pesertanya beragam dari seluruhIndonesia, seperti dari Karimun, Jakarta, Balikpapan, dan banyak lagi” kata Akhmaloka.

Sementara itu, PT Pertamina (Persero) menjamin kehadiran Universitas Pertamina tidak menganggu program beasiswa perseroan yang telah berjalan.

“Pertamina melalui Pertamina Foundation telah banyak program, dengan adanya Universitas Pertamina justru jadi penguat program lain. Jadi pos-pos alokasi beasiswa yang telah ada dijmin tidak akan tergangggu, kita mohondoanya bersama” papar Tedy Wahyudi, Sekretaris Yayasan Pertamina Foundation.

Lebih lanjut, Tedy menyampaikan untuk mewujudkan komitmen tersebut memang butuh effort ekstra. Serta dukungan yang berkelanjutan dari Pertamina dan stakeholder terkait.

Lomba Kreativitas

Akhmaloka mengatakan kuota beasiswa di Universitas Pertamina mencapai 20% dari jumlah mahasiswa baru. Jika jalur ekonomi merupakan jalur berdasarkan tingkat kemampuan ekonomi mahasiswa maka Universitas Pertamina telah menyiapkan salah satu mekanisme untuk mendapatkan beasiswa melalui jalur prestasi, yakni dengan mengikuti lomba kreativitas yang terdiri dari karya tulis dan membuat animasi.

“Pemenangnya akan mendapatkan hadiah pembebasan biaya kuliah yang jumlahnyamasih kita bahas besarannya dan dikategorikan sebagai beasiswa prestasi,” kata Akhmaloka.

Peserta lomba kreativitas sendiri harus terlebih dulu mendaftarkan diri untuk masuk di Universitas Pertamina yang akan mulai dibuka pendaftarannya secara online pada tanggal 7 April 2016 mendatang. Sedangkan, ujiian masuk Universitas Pertamina gelombang kedua akan dilaksanakan pada tanggal 12 Mei 2016.(RI)

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)