JAKARTA – Pemerintah hingga saat ini masih membahas keputusan tentang pengembangan Blok Masela di Laut Arafuru, Maluku. Sudirman Said, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menegaskan Kementerian ESDM telah melaksanakan amanah Presiden Joko Widodo untuk melakukan analisis terkait pengembangan wilayah di Provinsi Maluku, terutama Maluku Bagian Selatan, sehingga hasil dari Blok Masela dapat membawa kesejahteraan bagi Indonesia terutama di Provinsi Maluku.

“Kami juga telah melaporkan mengenai dua skenario pengembangan Blok Masela. Informasi tersebut terutama mengenai bagaimana dampak bagi pengembangan wilayah di Maluku Bagian Selatan dan berapa besar investasi yang dibutuhkan bila di onshore maupun di offshore,” ungkap Sudirman di Jakarta, Sabtu.

Sementara itu, terkait dengan kesiapan pemerintah dan masyarakat Maluku, Sudirman mengatakan bahwa dirinya terus berkomunikasi dengan Pemerintah beserta seluruh lapisan masyarakat Maluku.

“Gubernur Maluku sudah menyampaikan bahwa beliau setuju dan mendukung apapun keputusan dan kebijakan Presiden terhadap Blok Masela dan beliau siap untuk melakukan sosialisasi kepada rakyat Maluku bila keputusan sudah diambil,” jelas Sudirman.

Sudirman juga meminta tidak usah berpolemik terkait hal ini, karena Presiden tentunya akan mengambil keputusan yang memberi manfaat maksimal bagi masyarakat Maluku, Indonesia dan banyak pihak.

“Tidak usah berpolemik. Yang pura pura berjuang untuk rakyat, yang menipu, yang suka mengklaim paling tahu, yang mau coba mengganti investor Masela berhentilah membohongi rakyat. Karena suatu saat akan terbongkar niat busukmu,” tegas Sudirman.(AT)