Dunia Energi Logo Jumat, 17 November 2017

15 % BBM Subsidi Bocor, Rp 42 triliun Uang Negara Menguap

 

JAKARTA – Pakar Energi  Darmawan Prasodjo mensinyalir telah terjadi kebocoran  BBM subsidi. Nilainya lumayan fantastis sekitar 15 %.  Jika mengacu pada subsidi BBM yang ditetapkan pada APBN 2014, kebocoran itu setara dengan Rp 42 trililiun.  “kebocoran itu  itu disebabkan BBM  diselundupkan ke luar negri,” ujar  Darmawan yang tercatat sebagai kader PDI Perjuangan tersebut.

Tertangkapnya  MT Jelita Bangsa milik PT TRada Maritim Tbk  baru-baru ini membenarkan bahwa penyelundupan BBM ke luar negri bukan sekedar isapan jempol. Kapal itu disewa Pertamina untuk mengangkut 402 ribu barel minyak dari sumur Chevron di Dumai, dan dibawa ke Kilang Balongan.

 

Di tengah perjalanan, tanker berbelok  ke perbatasan Malaysia, kemudiaan memindahkan minyak ke tanker lain. Saat ditangkap aparat Bea Cukai minyak yang sudah dipindahkan 800 ton dari rencana 1000 ton. Dalam perkembangan penyelindikan , ternyata  muatan Pwertamina masih tersegel utuh. Artinya, ada pihak lain yang memiliki minyak tersebut dan sengaja menumpan tanker yang disewa Pertamina untuk mengihindari petugas. Pihak berwenang masih terus menyelidiki siapa pemilik minyak yang diselundupkan tersebut.  (IT/dunia-energi@yahoo.co.id

 

 

Berikan kami pemikiran anda

(dimulai dengan http://)